Pembuatan E-Modul Tentang Manajemen Pembelajaran Pengenalan Lingkungan Pada KB. Kasih Bunda

Andi Hallang Lewa, Aries Setiawan, Ida Farida, Natalistyo T.A.H, Ayu Ashari, Aris Puji Purwatiningsih, Guruh Taufan Hariyadi, Imam Nuryanto

Abstract


Media pembelajaran yang mampu dihadirkan langsung pada anak diantaranya media pembelajaran alam dan lingkungan baik itu meliputi makhluk hidup, benda sampai dengan hal-hal sederhana mengenai kehidupan yang ada di lingkungan masyarakat. Pada posisi yang berbeda, yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelompok bermain dengan kapasitas lingkungan yang sempit, maka pembelajaran mengenai pengenalan lingkungan sekitar cukup sangat terbatas, harus membawa anak ke objek di luar lingkungan sekolah seperti taman kota yang letaknya mungkin sangat jauh dari sekolah dan tentunya butuh biaya lebih untuk mewujudkannya. Kondisi ini menjadi realita yang harus dicarikan solusi pemecahannya. Pemanfaatan media digital bisa dijadikan sebagai salah satu pemecahan masalah yang muncul, bentuk yang dihadirkan bisa berupa gambar, suara, video pembelajaran dan rekaman audio. Kemasan lain dari media digital yang juga mampu mengintegrasikan beberapa unsur tersebut adalah Elektronik Modul atau sering disebut E-Modul. Pelatihan yang diikuti oleh 20 peserta memberikan hasil peningkatan skill peserta yaitu sebesar 73%, sehingga program kemitraan masyarakat ini mampu memberikan peningkatan kualitas keahlian pada seluruh peserta.

Full Text:

PDF

References


E. Elce, M. A. Hente and A. Salam, "Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam terhadap Pengenalan Tumbuhan pada Kelompok B KBSPNF-SKB Kabupaten Sigi," Jurnal Kolaboratif Sains, vol. 4, pp. 216-219, 2021.

A. Nurrohman, "Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini," Jurnal Pendidikan Anak, vol. 7, pp. 101-105, 2018.

T. Candrawati, "Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD," Aksara, vol. 8, pp. 131-136, 2022.

A. Ellysia, "Pengembangan e-Modul Dengan Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika," Vote Teknika, vol. 1, pp. 91-96, 2021.

A. Rama, "Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi flip pdf professional pada mata kuliah analisis kurikulum pendidikan dasar," Jurnal Riset Tindakan Indonesia, vol. 7, pp. 42-47, 2022.

F. A. Febrianti, "Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa," Caruban, vol. 4, pp. 102-115, 2021.

H. A. Nisa, "Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP," Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 5, pp. 13-25, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.