Pemberdayaan Peran Kelompok Usaha Muda Melalui Inovasi Produk Lokal Mie Ganyong

Muhammad Syah Fibrika Ramadhan, Asmi Ayuning Hidayah, Meyfita Esti, Devilia Aziz

Abstract


Mie ganyong merupakan produk lokal yang menggunakan bahan dasar tepung ganyong. Melalui program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, mie ganyong disulap menjadi makanan kekinian yang digemari oleh para pecinta pedas yaitu Seblak Minyong. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan ekonomi desa melalui inovasi produk lokal di Desa Majasari Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan adalah ceramah dan praktik / demonstrasi. Bahan baku yang digunakan untuk pengolahan ini adalah mie gelang, kerupuk seblak, makaroni spiral, kerupuk rantai, dan cuankie lidah. Dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik serta mendapatkan dukungan penuh dari pemuda desa, pejabat desa setempat, serta Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Purbalingga.


Full Text:

PDF

References


Purwanto, A. (2022). How The Role of Digital Marketing and Brand Image on Food Product Purchase Decisions? An Empirical Study on Indonesian SMEs in the Digital Era. Journal of Industrial Engineering & Management Research.

Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian maison nob. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 250-259.

Pratiwi, D. E., & Meitasari, D. (2022). Pengembangan Aset Komunitas Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berbasis Wisata. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(1), 189-198.

Ayuning Hidayah, Asmi and Purbohastuti, Arum Wahyuni and Lusianingrum, Farah Putri Wenang (2021) Pengayaan E-Commerce Visual Merchandising Untuk Produk Umkm Ansor Ritel Kabupaten Serang. Jces, 04 (04). Pp. 844-851. Available: https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/5593

Arum, Et All. 2021. Peningkatan Kompetensi Santri Ponpes Melalui Web Desain E-Marketing Di Ponpes Al-Insan Kerotek Kecamatan Cibeber Kota Cilegon Banten. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 3 No. 1. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PS2PM/article/view/3223

https://www.instagram.com/seblakminyong/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.