Pencatatan Keuangan Umkm Dengan Aplikasi Mobile Dan Strategi Pemasaran Dengan Pembuatan Konten Visual

Alfianda Kurniawan, Ilham Hafizh Fadhillah, Lita Natalia, Tazkiyah Mutiara Rahma, Elis Mediawati

Abstract


Pencatatan keuangan dan strategi pemasaran menjadi unsur-unsur yang sangat penting dalam keberlangsungan usaha sebuah UMKM. Keduanya memiliki peran yang cukup vital dalam pencapaian tujuan bisnis sebuah organisasi. Meskipun demikian, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan kedua unsur tersebut dengan maksimal. Bahkan belum menerapkannya sama sekali. Melalui pengabdian ini, penulis mencoba memberikan bantuan berupa pelatihan kepada salah satu UMKM yang berkecimpung di bidang seni bernama Palito Cinto. Hal ini ditujukan untuk mengenalkan serta memberikan arahan-arahan kepada UMKM terkait dengan pencatatan keuangan dan strategi pemasaran. Metode yang digunakan ialah berupa observasi mengenai keadaan bisnis Palito Cinto. Kegiatan dilanjutkan dengan wawancara kepada pemilik sanggar selaku pengelola untuk melihat seberapa jauh penerapan strategi keuangan dan pencatatan keuangannya. Selain itu, penulis memberikan pelatihan dan materi mengenai pencatatan keuangan dan strategi pemasaran. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa Palito Cinto mulai berproses dalam melakukan pencatatan keuangan. Strategi pemasarannya telah berjalan dengan cukup baik dan dalam proses memaksimalisasikannya. Dengan pengabdian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi UMKM Palito Cinto khususnya agar Palito Cinto dapat menerapkan pencatatan keuangan yang sederhana serta dapat memperluas pasar dan jangkauannya demi keberlangsungan usahanya.


Keywords


UMKM, pencatatan keuangan, strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


A. Ria, Analisis Penerapan Aplikasi Keuangan Berbasis Android pada Laporan Keuangan UMKM Mekarsari Depok, Sosio e-kons, vol. 10, no. 3, p. 207, 2018, doi: 10.30998/sosioekons.v10i3.2900.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean, JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 6176, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.

Ikatan Akuntansi Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan revisi 2016. Jakarta: Salemba, 2016.

S. Mulyani, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pada Umkm Di Kabupaten Kudus Kata, J. Din. Ekon. Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 137150, 2014.

S. Syamsul, Analisis Pencatatan Dan Pelaporan Keuangan Umkm, Keunis, vol. 10, no. 1, p. 33, 2022, doi: 10.32497/keunis.v10i1.3154.

H. Widiastoeti, Keuangan Berbasis Sak-, 2020.

A. Prasetyo, E. Andayani, and M. Sofyan, Pembinaan Pelatihan Pembukuan Laporan Keuangan Terhadap Wajib Pajak UMKM Di Jakarta, J. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Sos., vol. 1, no. 1, pp. 3439, 2020.

H. Widiastoeti and C. A. E. Sari, Penerapan Laporan Keuangan Berbasis Sak- Pada Umkm Kampung Kue Di Rungkut Surabaya, J. Anal. Predeksi dan Inf. (Jurnal EKBIS), vol. 21, no. 1, pp. 115, 2020.

D. F. Hadi and K. Zakiah, Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi, Competitive, vol. 16, no. 1, pp. 3241, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32

W. O. Rayyani, M. N. Abdi, E. Winarsi, and Warda, Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Optimalisasi Penyusunan Laporan Keuangan, J. Dedik. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 97105, 2020.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elis Mediawati, Alfianda Kurniawan, Ilham Hafizh Fadhillah, Lita Natalia, Tazkiyah Mutiara Rahma



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :