Penerapan Finite State Machine Untuk Membentuk Perilaku Boss yang Natural dalam Game Application of the Finite State Machine to Establish Natural Boss Behavior in the Game

Luthfan Herlangga, Hanny Haryanto

Abstract


Di masa kini, game sudah menjadi salah satu hiburan yang paling diminati dalam kehidupan sehari hari. Namun kebanyakan game yang telah ada memiliki NPC (Non Playable Character) yang berperilaku tidak alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Finite State Machine (FSM) untuk membuat perilaku NPC Boss natural dan tidak monoton. FSM (Finite State Machine) merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Finite State Machine memudahkan dalam implemetasi pemodelan perilaku pada enemy. Sistem pergerakan NPC Enemy boss yang natural membuat game memiliki nuansa yang berbeda dan memiliki nilai edukasi yang bisa diambil oleh para pemainnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v2i1.2624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hanny Haryanto



bandar togel

Situs togel

situs toto

situs toto togel



































slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Devil138 Ninja138 omtogel