VARIASI PERILAKU MUSUH MENGGUNAKAN METODE GOAP PADA GAME TOP DOWN SHOOTER

Humaid Zhofranurafi’V Nurudin, Hanny Haryanto, Sendi Novianto

Abstract


Permasalahan variasi perilaku musuh semua game top down shooter masihlah sama yang mana hanya sebatas menyerang dan bergerak saja sehinga variasi perilaku masih terbatas. Perilaku musuh juga merupakan sebuah elemen utama yang tidak bisa disingkirkan dari game karena sangat penting untuk keseruan dalam permainan karena adanya tantangan bagi pemain. Agar perilaku musuh menjadi lebih bervariasi, maka Goal Oriented Action Planning (GOAP) dibutuhkan dengan harapan dapat memberikan variasi perilaku pada musuh. Goal Oriented Action Planning (GOAP) merupakan kecerdasan buatan yang dapat menghasilkan variasi perilaku yang lebih dinamis. GOAP merupakan model yang digunakan untuk merancang perilaku musuh di game yang mempunyai kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi saat ini dan kondisi dunia. Implementasi GOAP pada penelitian ini menghasilkan perilaku-perilaku yang beragam dan menerapkannya pada jenis musuh yang berbeda yang membuat setiap jenis musuh memiliki variasi perilaku yang masing-masing berbeda satu sama lainnya. Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan oleh para responden pada hasil penelitian adalah sebesar 92,2% yang artinya bahwa game Top Down Shooter yang mengunakan metode GOAP untuk variasi perilaku musuh sangat menyenangkan dan membuat setiap aksi musuh menjadi lebih dinamis dalam permainan.


Keywords


GOAP, Game Top Down Shooter, Perilaku NPC

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v2i1.2625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hanny Haryanto



bandar togel

Situs togel

situs toto

situs toto togel



































slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Devil138 Ninja138 omtogel