Pengenalan Media Pembelajaran Quis Berbasis Power Point Pada KB. Tunas Bhakti Kendal

Aries Setiawan, Sasono Wibowo, Juli Ratnawati, Natalistyo T.A.H, Adi Prihandono, Budi Widjajanto, Retno Astuti Setijaningsih, Achmad Wahid Kurniawan

Abstract


Dalam proses pembelajaran diperlukan strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang menjadi arah tercapainya cita-cita pembelajaran. Selanjutnya strategi disebut sebagai metode pembelajaran, merupakan suatu aktivitas pembelajaran yang dikerjakan oleh subyek pembelajaran dalam hal ini guru dan siswa untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang telah direncanakan dengan hasil yang efektif. Selanjutnya dalam implementasinya semua strategi atau metode tersebut diatas memerlukan media pembelajaran. Salah satu yang akan dikaji dalam materi program kemitraan masyarakat pada KB. Tunas Bhakti Kendal adalah media pembelajaran penguatan berbasis komputer. Setelah siswa mendapatkan materi tentang objek pembelajaran tertentu, maka guru memberikan umpan balik, diantaranya pemberian quis. Pemakaian pembelajaran berbasis power point dan quis, pada level pemberian materi terjadi peningkatan 20 siswa (80%) yang menguasai, pada level evaluasi  terjadi peningkatan 21 siswa (84%) dan pada level pemahaman terjadi peningkatan 22 siswa (88%).


Full Text:

PDF

References


A. Wahid, "Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan prestasi Belajar," ISTIQRA’, vol. 5, pp. 1-11, 2018.

S. Silahudin, "Penerapan E-LEARNING dalam Inovasi Pendidikan," SIRKUIT, vol. 1, pp. 48-59, 2015.

N. S. Hanum, "Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto)," Jurnal Pendidikan Vokasi , vol. 3, pp. 90-102, 2019.

A. Kusmana, "E-Learning Dalam Pembelajaran," Lentera Pendidikan, vol. 14, pp. 35-51, 2019.

T. Nurita, "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa," Misikat, vol. 3, pp. 171-187, 2018.

U. H. Salsabila, "Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA," Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi , pp. 163-172, Desember 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.