Pendampingan Lapak Desa dan Digital Marketing Desa Tanjung, Kec. Klego, Kab. Boyolali

Abdussalam Abdussalam, Lekso Budi Handoko, Dwi Puji Prabowo, Zahrotul Umami, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Pemkab Boyolali mendorong pelaku UMKM menjadi prioritas pendampingan untuk pemulihan ekonomi masyarakat termasuk pemberian kredit usaha rakyat (KUR). Produk UMKM Desa Tanjung belum melakukan pemasaran online atau digital marketing dan penjualannya masih melayani penjualan langsung ke agen atau pelanggan yang datang dan baru sedikit yang melakukan pemasaran dan penjualan online. Tujuan pendampingan lapak desa dan digital marketing Produk UMKM Desa Tanjung, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali untuk promosi bisnis dan peningkatan penjualan melalui platform digital. Hasil dari program kemitraan ini berupa web lapak desa dan penerapan konsep digital marketing dengan berbagai platform digital yang ada sehingga mampu meningkatkan produktivitas UMKM desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, “UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian indonesia,” Ekon.Go.Id, no. May, p. 1, 2021, [Online]. Available: https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Radarsolo.jawapos.com, “Pemkab Boyolali Mendorong UMKM Menjadi Prioritas Pendampingan,” 2022. https://radarsolo.jawapos.com/daerah/boyolali/03/02/2022/pemkab-boyolali-mendorong-umkm-menjadi-prioritas-pendampingan/ (accessed Aug. 22, 2022).

Kemenkeu, “Cara Cerdas Pemasaran Digital untuk Produk UMKM,” 2022. https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/133-cara-cerdas-pemasaran-digital-untuk-produk-umkm.html (accessed Aug. 22, 2022).

W. A. S. & Hootsuite, “Digital 2022 Indonesia.” We Are Social & Hootsuite, 2022.

A. Susanto, IT untuk Pembangunan Desa. 2022.

A. Susanto, “Digital Marketing,” 2020.

A. Cindy, “Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM?,” Exabytes, pp. 1–13, 2021, [Online]. Available: https://www.exabytes.co.id/blog/digital-marketing-penting-bagi-umkm/

A. Susanto, C. A. Sari, H. W. Kinasih, and H. Haqikal, “Implementasi E-Market Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Selojari, Klambu, Grobogan untuk Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Online,” Join, pp. 7–15, 2021, [Online]. Available: http://join.upgris.ac.id/index.php/join/article/view/41%0Ahttp://join.upgris.ac.id/index.php/join/article/download/41/27

A. Susanto, C. A. Sari, D. R. I. Moses, E. H. Rachmawanto, and I. Utomo, “Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online,” J. Pengabdi. Masy. - LPPM Univ. Dian Nuswantoro Semarang, vol. 3, no. 1, pp. 42–51, 2020.

A. Susanto, E. H. Rachmawanto, and D. P. Prabowo, “Digital Marketing Produk UMKM Desa Binaan PKKP Kab. Rembang untuk Meningkatkan Nilai Produk dan Pemasaran Online,” vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2022.

N. Destiana, “Kenali Strategi Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UMKM,” vol. 460, pp. 1–15, 2021, [Online]. Available: https://majoo.id/blog/detail/kenali-strategi-digital-marketing-yang-bisa-diterapkan-umkm

Sudaryanto, I. Utomo W.M, Y. Kusumawati, and A. Susanto, “Optimalisasi Potensi Desa Jatimakmur , Songgom , Brebes Melalui Pengembangan Web Desa Optimizing the Potential of Jatimakmur , Songgom , Brebes Villages Through Village Website Development,” Judimas, vol. 3, no. 1, pp. 29–41, 2022.

A. Susanto et al., “Implementasi Sistem Informasi Desa ( SID ) untuk Peningkatan Layanan dan Keterbukaan Informasi di Desa,” vol. 4, no. 2, pp. 38–47, 2021.

OpenDESA, “OpenSID,” 2019. https://opendesa.id/sistem-informasi-desa-opensid/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.