Peningkatan Kemampuan 3D Modeling Bagi Siswa dan Guru SMK N 10 Semarang

Dwi Puji Prabowo, Dimas Irawan Ihya' Ullumudin, Ali Muqoddas, Adi Prihandono

Abstract


Salah satu SMK yang ada di Semarang adalah SMK Negeri 10 Semarang. Sekarang ini SMK Negeri 10 Semarang sudah berkembang menjadi SMK yang memiliki berbagai jurusan. Salah satunya yaitu jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). RPL sendiri adalah jurusan yang mempelajari kompetensi pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas. Kemampuan siswa RPL seharusnya meluas dalam bidang teknologi informasi & komunikasi dengan perlu dibekali kemampuan Modelling 3D. Keterampilan Modelling 3D adalah kemampuan untuk menciptakan objek 3D yang ingin diperlihatkan dalam bentuk visual nyata sehingga memiliki bentuk, tekstur, dan ukuran objek yang nyata. Keterampilan Modelling 3D ini penting dimiliki dalam bidang penunjang di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Keterampilan ini dibutuhkan untuk membuat berbagai aplikasi seperti game, virtual reality, augmented reality, virtual lab, dan masih banyak lagi lainnya. Jurusan RPL SMK N 10 Semarang tidak memiliki sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan keterampilan Modelling 3D. Selain itu, keterbatasan anggaran yang disediakan oleh sekolah untuk meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan di luar sekolah menjadi kendala sebagaimana hasil wawancara singkat dengan guru dan para siswa. Kendala tersebut membuat Jurusan RPL di SMK N 10 Semarang membutuhkan kerjasama dengan pihak lain yaitu Universitas Dian Nuswantoro untuk mendukung kebutuhan kemampuan keterampilan Modelling 3D.

Full Text:

PDF

References


Alexandro, R., & Irwansyah, M. R. (2020). Peranan Smkn 3 Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Di Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 4(1), 145–160.

Bayuaji, R. A., Suprayogi, A., & Sasmito, B. (2015). Aplikasi Fotogrametri Jarak Dekat untuk Pemodelan 3D Gereja Blenduk Semarang. Jurnal Geodesi Undip, 4(2), 176–184.

Efyanto, D. (2021). Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum Smk. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Rachmanto, A. D. (2018). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Promosi Universitas Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1).

Surahman, A., Wahyudi, A. D., & Sintaro, S. (2020). Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace. Jurnal Buana Informatika, 11(2), 123–131.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.