Membangun Media Pembelajaran Animasi 3D dengan Plotagon untuk Guru SMA-SMK

Christy Atika Sari, Cahaya Jatmoko, Eko Hari Rachmawanto, Moch. Sjamsul Hidajat, Dibyo Adi Wibowo, Zudha Pratama, Vincentius Praskatama, Nur Ryan Dwi Cahyo

Abstract


Pembelajaran menggunakan teknologi sekarang sudah berkembang secara pesat. Karena itu, media yang digunakan untuk dapat menyampaikan materi ataupun bahan pembelajaran kepada siswa juga seharusnya sudah menggunakan teknologi informasi. Penelitian memiliki tujuan untuk dapat menggunakan media plotagon untuk melakukan pembelajaran 3D sehingga metode yang digunakan dapat lebih maju dan efisien. Plotagon merupakan sebuah tools atau alat yang bisa digunakan untuk membangun suatu animasi 3D. Pada aplikasi ini, sangat mudah digunakan karena plotagon menyediakan fitur banyak yang dimana fitur tersebut tentunya membantu dalam membuat sebuah animasi 3D. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil analisis workshop atau pelatihan yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang memiliki tema Membangun Media Pembelajaran Animasi 3D dengan Plotagon. Hasil dari penelitian ini adalah responden dapat membangun sebuah animasi 3D sendiri dengan menggunakan aplikasi plotagon berdasarkan atau dengan cara mengikuti step atau langkah yang diberikan.

Full Text:

PDF

References


Nayak, S., Liu, H., Hsu, G. I., & Iwasa, J. H. (2020). Using 3D Animation to Visualize Hypotheses. In Trends in Biochemical Sciences (Vol. 45, Issue 7, pp. 633–634). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.tibs.2020.04.009

Saputra, E., Marhami, M., B, R., Mursalin, M., & Azmi, N. (2022). The development of media learning using plotagon software on circle material. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(2), 147–153. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i2.102

Zhang, K., & Aslan, A. B. (2021). AI technologies for education: Recent research & future directions. In Computers and Education: Artificial Intelligence (Vol. 2). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100025

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students' Perspectives. Online Submission, 2(1), 45-51.

Zakir, S., Maiyana, E., Nur Khomarudin, A., Novita, R., & Deurama, M. (2021). Development of 3D Animation Based Hydrocarbon Learning Media. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012008

Kumarapu, L., & Mukherjee, P. (2021). AnimePose: Multi-person 3D pose estimation and animation. Pattern Recognition Letters, 147, 16–24. https://doi.org/10.1016/j.patrec.2021.03.028

Fujino, S., Hatanaka, T., Mori, N., & Matsumoto, K. (2019). Evolutionary deep learning based on deep convolutional neural network for anime storyboard recognition. Neurocomputing, 338, 393–398. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2018.05.124

Cheng, J. (2019). The Application of Storyboard in Animation. Computer Software and Media Applications, 2. https://doi.org/10.24294/csma.v2i1.1170

Guzmán Ramírez, J. A. (2020). The Storyboard as A Means of Translating Narrations and Concepts into an Animated Web Series. Journal of Anthropological and Archaeological Sciences, 1(5). https://doi.org/10.32474/jaas.2020.01.000121

Kamil, M. H. F. M., Abidin, I. S. Z., & Osman, F. F. (2020). Design process: 2D interactive video animation development for cosmetic awareness among women. Journal of Critical Reviews, 7(8), 891–894. https://doi.org/10.31838/jcr.07.08.189

Aprianto, H., & Saputro, A. (2020). Animation Design as an Educational Media of Adolescents’ Social Behavior Deviation. Journal of Physics: Conference Series, 1500(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1500/1/012109

Sutrisno, A. (2022). Designing Animated Infographics About Thesis Defense Registration Procedures. KnE Social Sciences, 147–156. https://doi.org/10.18502/kss.v7i13.11655

Manan, M. S. A., Wang, X., & Tang, X. (2022). Innovating Animation Teaching System: An Experimental Survey on the Integration of Design Thinking and Creative Methods for Animation Education in China. Open Journal of Social Sciences, 10(03), 379–388. https://doi.org/10.4236/jss.2022.103028

Yee, L. Y., Abdul Aziz, A., & Ibrahim, A. M. (2023). Using Plotagon in Enhancing Secondary Four English Learners’ Narrative Writing Skill. In Eur. Chem. Bull (Vol. 2023).

Arora, P. (2021). Pandemic-Driven Educational Research: Plotagon. https://ssrn.com/abstract=4026799

Maria, I. J., Thirupathi, D., Rajendran, R., & Velumani, B. (2019). Technologies, Challenges and Tools for Digital Learning. Proceedings - IEEE 10th International Conference on Technology for Education, T4E 2019, 268–269. https://doi.org/10.1109/T4E.2019.00068

Maulidiyah, C. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Plotagon dan Kinemaster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II SD Islam Lukman Hakim Pakisaji-Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.5910

Ailulia, R., Saidah, P. N., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47–56.

Indah, N., Dewi, K., Karina, A., Atmani, P., & Gandang Gunanto, S. (2020). STORYBOARD DESIGN FOR ANIMATION FILM ADAPTION OF “MANGGA BUAH IDOLA” LEARNING COMIC. https://ssrn.com/abstract=3800716

Novayani, W., & Eka Budiansyah, G. (2022). Implementasi MDLC dan Pose to Pose dalam Film Animasi 3D Sejarah Kerajaan Melayu Siak. In Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC) (Vol. 6, Issue 1). http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

Intyanto, G. W., Yuniarti, D. A. F., & Pawening, A. S. (2021). Implement of the transformation for markerless facial motion capture in 3D animation. Journal of Physics: Conference Series, 1836(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012033

Zeng, R. (2021). Research on the application of computer digital animation technology in film and television. Journal of Physics: Conference Series, 1915(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1915/3/032047

Suryanti, Y., & Islam Raden Rahmat Malang, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2575

Ersila, E. D. R., Fahru Umar Syarif, & Asma’ul Husna. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Plotagon Pada Materi Memaparkan Informasi Dari Teks Narasi Sejarah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 276–286. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5110


Refbacks

  • There are currently no refbacks.