Pelatihan Datamining untuk Evaluasi Tumbuh Kembang Anak pada KB. Aisyiyah 09

Aries Setiawan, Imam Nuryanto, Ayu Ashari, Juli Ratnawati, Adi Prihandono, Retno Astuti Setijaningsih, Suharnawi Suharnawi, Jaka Prasetya

Abstract


Selain keluarga yang berperan sebagai support terhadap pemeliharaan, pertumbuhan dan kesejahteraan bagi anak dalam lingkungan masyarakat (Darmayasa, 2020), guru juga mempunyai peran pengganti selama keberadaan anak di lingkungan sekolah. Upaya pemeliharaan meliputi pengendalian terhadap seluruh faktor yang menghambat tingkat pertumbuhan serta perkembangannya (Putri, 2023). Guru perlu melakukan evaluasi dengan terlebih dahulu mengikuti pelatihan, dengan memperhatikan variabel-variabel yang semestinya sudah ditentukan. Perlunya penilaian berkaitan tumbuh kembang anak yang meliputi penilaian variabel nilai kognitif, afektif, nilai psikomotorik, nilai verbal, nilai perilaku dan perilaku ekspresi. Penilaian ini memberikan kontribusi pada pantauan perkembangan anak untuk mengambil langkah pada proses perkembangannya. Metode yang digunakan meliputi metode yang digunakan dalam data mining pelatihan. Hasil penguasaan rata-rata dari guru terhadap materi yang diterima yaitu sebesar 98.2%.

Full Text:

PDF

References


Darmayasa, I. E. (2020). Perlindungan hukum Terhadap Anak di bawah Umur Sebagai Pengemis. Jurnal Interpretasi Hukum |, 104-109.

Nabella Nur, D. R. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Evaluasi Program Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita di Taman Posyandu Puskesmas Lamongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 724-733.

Putri, D. A. (2023). Evaluasi Pemantauan Tumbuh Kembang Balita. Jurnal Ilmiah Permas, 321-828.

Setiawan, A. (2022). Implementasi Profile Matching pada Prioritas Approval Pengajuan Layanan Premium Pada PT.PLN (Persedor) ULP Semarang Barat. Transformatika, 107-115.

Wibowo, S. (2023). Penerapan Metode Profile Mathcing Untuk Manajemen Evaluasi Tumbuh Kembang Anak. Transformatika, 18-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.