Implementasi Metode Human Centered Design Untuk Perancangan Antarmuka Pengguna Pada Sistem Manajemen Pembelajaran

Rafli Aulia Rahman, Totok Sutojo

Abstract


Dalam merancang sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) perlu untuk mempertimbangkan sisi User Interface (UI) yang mana berkaitan dengan interaksi pengguna dengan sistem dan juga User Experience (UX) yang berkaitan dengan respon, cara pandang, serta perasaan  pengguna saat menggunakan sebuah sistem. Namun dalam proses perancangan tampilan antarmuka sebuah LMS tidak melibatkan pengguna secara keseluruhan, serta kurang melihat akan faktor kebiasaan yang dilakukan oleh manusia. Human Centered Design (HCD) merupakan suatu metode pengembangan sistem interaktif dengan menitikberatkan kepada cara sebuah sistem digunakan secara langsung oleh pengguna. Untuk menentukan tolak ukur keberhasilan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan 6 variabel User Experience Questionnaire (UEQ) yaitu Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan. Uji coba pengguna terhadap antarmuka LMS diperoleh kesimpulan bahwa metode HCD dapat digunakan untuk membuat sebuah tampilan antarmuka dengan semua variabel tolak ukur UEQ tidak ada yang masuk kategori Below Average  dan Bad, untuk variabel Daya Tarik masuk kategori Excellent, Kejelasan masuk kategori Above Average, Efisiensi masuk kategori Excellent, Ketepatan masuk kategori Good, Stimulasi masuk kategori Excellent dan untuk Kebaruan masuk kategori Above Average.



Keywords


Sistem Manajemen Pembelajaran, User Interface, User Experience, Human Centered Design, User Experience Questionnaire

Full Text:

PDF

References


S. Muyaroah and M. Fajartia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 22–26, 2017, doi: 10.15294/ijcet.v6i2.19336.

R. Rabiman, M. Nurtanto, and N. Kholifah, “Design and development E-learning system by learning management system (Lms) in vocational education,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 9, no. 1, pp. 1059–1063, 2020.

A. R. Adriyanto, I. Santosa, and A. Syarief, “Evaluasi Heuristik Sistem Pengelolaan Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi Di Indonesia,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 6, no. 02, pp. 215–234, 2020, doi: 10.33633/andharupa.v6i02.3592.

H. S. JOO, “A Study on UI/UX and Understanding of Computer Major Students,” Int. J. Adv. smart Converg., vol. 6, no. 4, pp. 26–32, 2017, doi: 10.7236/IJASC.2017.6.4.4.

I. S. Yatana Saputri, M. Fadhli, and I. Surya, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 269–278, 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i2.2017.269-278.

E. Susilo, F. D. Wijaya, and R. Hartanto, “Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 150–157, 2018, doi: 10.22146/jnteti.v7i2.416.

R. C. Noor Santi, “Perancangan Interaksi Pengguna (User Interaction Design) Menggunakan Metode Prototyping,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 108–113, 2018, doi: 10.15408/jti.v9i2.5599.

M. D. Ariawan, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 161, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1896.

S. Fauzia, F. Eka, M. Agustin, U. Syaripudin, and Y. Ichsani, “Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Kamardagang . Com Dengan Teknik Flat Design Pada Pt .,” vol. 9, no. 2, pp. 148–157, 2016.

I. Standard 11266, “International Standard International Standard,” 61010-1 © Iec2001, vol. 2014, p. 13, 2014.




DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v1i1.1380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 totok sutojo