IMPLEMENTASI CERTAINTY FACTOR UNTUK AGEN CERDAS REKOMENDASI PEMILIHAN SENJATA PADA GAME TOP DOWN SHOOTER

Muhammad Dhanu Alvian, Hanny Haryanto, Muhammad Dhanu Alvian, Muhammad Dhanu Alvian, Muhammad Dhanu Alvian, Muhammad Dhanu Alvian

Abstract


Game adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, akan tetapi kesenangan dalam permainan tidak akan bertahan lama jika permainan tersebut memiliki kesulitan yang terlalu sulit maupun terlalu mudah dan juga system permainan yang monotone atau biasa-biasa saja. Penelitian ini bertujuan untuk membangun AI pada game Top Down Shooter untuk merekomendasikan senjata secara dinamis agar permainan lebih menarik dan tidak membosankan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Certainty Factor, metode ini digunakan untuk merekomendasikan senjata berdasarkan atribut pada level yang dimainkan. Penelitian ini berhasil merancang AI untuk merekomendasikan senjata berdasarkan atribut pada level yang tersedia untuk game Top Down Shooter.


Keywords


Certainty Factor; Game Top Down Shooter; Rekomendasi Senjata

Full Text:

PDF

References


C. Fajri, “Tantangan Industri Kreatif-Game Online di Indonesia,” J. ASPIKOM, vol. 1, no. 5, p. 443, 2017, doi: 10.24329/aspikom.v1i5.47.

M. Simkova, “Using of Computer Games in Supporting Education,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 141, pp. 1224–1227, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.210.

D. P. Hermawan, D. Herumurti, and I. Kuswardayan, “Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Berjenis Puzzle, RPG dan Puzzle RPG Sebagai Sarana Belajar Matematika,” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 15, no. 2, p. 195, 2017, doi: 10.12962/j24068535.v15i2.a663.

M. Abdi, D. Herumurti, and I. Kuswardayan, “Analisis Perbandingan Kecerdasan Buatan pada Computer Player dalam Mengambil Keputusan pada Game Battle RPG,” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 15, no. 2, p. 226, 2017, doi: 10.12962/j24068535.v15i2.a671.

R. Andrea and S. Palupi, “Sebatik Stmik Wicida Membangun Edugame ‘ Boni Kids – Borneo Animal Kids ’ Permainan Match - Up Dengan Teknik Pengacakan Shuffle Dan Pengembangan Agen Cerdas Dengan Model,” pp. 6–10, 2013.

D. Kho, J. Pragantha, and R. Kristyadi, “Pembuatan Game Top Down Shooter ‘ Surrounded ’ Untuk Platform Android,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., pp. 36–40, 2018.

P. Bertens, A. Guitart, P. P. Chen, and A. Perianez, “A Machine-Learning Item Recommendation System for Video Games,” IEEE Conf. Comput. Intell. Games, CIG, vol. 2018-Augus, 2018, doi: 10.1109/CIG.2018.8490456.

V. Leonardo et al., “Sistem Rekomendasi Item Pada Game Dota 2 dengan Multilayer Perceptron Neural Network,” J. Infra, 2018.

H. T. Sihotang, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web,” J. Mantik Penusa, vol. 15, no. 1, pp. 16–23, 2014, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/161/76.

I. Irwan, G. Gustientiedina, S. Sunarti, and Y. Desnelita, “PERANCANGAN SOFTWARE BIMBINGAN DAN PENGEMBANGAN KARIR SISWA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN KONSULTASI,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, p. 237, 2017, doi: 10.25126/jtiik.201744464.

P. V. Andreyana, I. N. Piarsa, and P. W. Buana, “Sistem Pakar Analisis Kepribadian Diri dengan Metode Certainty Factor,” vol. 3, no. 2, pp. 78–86, 2015.




DOI: https://doi.org/10.62411/tcv.v2i2.2925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Dhanu Alvian, Hanny Haryanto, Muhammad Dhanu Alvian, Muhammad Dhanu Alvian, Muhammad Dhanu Alvian, Muhammad Dhanu Alvian