Penerapan Sistem Informasi Administrasi Di Pondok Pesantren Anak Dan Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Falah

Usman Sudibyo, Ahmad Zainul Fanani, Dedi Nurcipto

Abstract


Program IbM (Pengabdian masyarakat) yang akan dilakukan di Pondok Pesantren Anak Tahfidzul Qur’an (PPATQ) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudlatul Falah Desa Bermi Kecamatan Gembong Kabupaten Pati adalah dengan penerapan sistem informasi manajemen administrasi yang berbasis teknologi informasi komputer untuk menunjang layanan kepada orang tua/wali santri agar lebih baik dan akuntabel. Perkembagan lembaga pendidikan PPATQ dan MI Raudlatul Falah yang semakin pesat dengan jumlah santri sekarang mencapai 350 anak menjadi potensi sekaligus menjadi tantangan untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat secara umum dan orang tua/wali santri secara lebih khusus. Proses administrasi pencatatan yang dilakukan dengan cara manual atau hanya memberikan kuitansi kepada orang tua yang kemudian ada staf lain yang melakukan rekapitulasi membuat sering terjadi miskomunikasi dan kesalahan dalam proses pencatatan sehingga muncul komplain yang tidak baik. Perkembangan teknologi informasi komputer yang cukup pesat saat ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh lembaga ini supaya lebih dipercya oleh masyarakat. Penerapan teknologi Sistem Informasi Manajemen Administrasi dengan koneksi jaringan lokal area diharapkan mampu mengintegrasikan administrasi di pesantren dan madrasah sehingga lebih mudah, cepat dan raoi dalam pengaturan serta pelaporannya. Sistem database yang dibangun dengan baik akan menjamin pencatatan yang akurat karena transaksi data terpusat dalam satu database. Implementasi aplikasi ini diharapkan semakin mempercepat dan memudahkan orang tua, pengurus maupun pengelola dalam bertransaksi.


Full Text:

PDF

References


Hambali, Erliza dkk. (2007), Teknologi Bioenergi. Jakarta: Agro Media.

Hamni, Arinal. (2008). Rancang Bangun dan Analisa Tekno Ekonomi Alat Biogas dari Kotoran Ternak Skala Rumah Tangga, Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung.

Junus, M (1987). Teknik Membuat danMemanfaatkan Unit Gas bio.Fakultas Peternakan Universitas

Brawijaya. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Setiawan, Ade Iwan (1996), Memanfaatkan Kotoran Ternak, Jakarta: Penebar Swadaya.

Sudarno, Nano dkk. (2010). Biogas, Mengolah Limbah menjadi Berkah, Bandung: Yayasan Pendidikan

Lingkungan Kesehatan dan Kesejahteraan.

Wahyono, E.H. dkk (2009). Panduan Kegiatan Lapangan PNPM LMP.WCS-Indonesia Program, Bogor




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Usman Sudibyo, Ahmad Zainul Fanani, Dedi Nurcipto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :