Penilaian Literasi Kesehatan Stakeholder Kelurahan Tanjung Mas dalam Pembentukan Kelurahan Tanjung Mas Kelurahan Literasi

Sri Handayani, Yusthin M. Manglapy, Eti Rimawati

Abstract


Penghambat terbesar dalam upaya pemberantasan penyakit Tuberkulosis yaitu adanya rendahnya literasi TB, stigma, diskriminasi dan marjinalisasi pasien TB. Sampai sekarang masih ada stigma di masyarakat tentang tuberkulosis, dimana masyarakat beranggapan bahwa tuberkulosis adalah penyakit keturunan, penyakit akibat teluh/guna-guna. Di Semarang TB juga memberi dampak buruk lain secara sosial stigma bahkan di kucilkan masyarakat. Permasalahan TB di kelurahan Tanjung Mas antar lain jumlah penderita TB paling banyak diantara wilayah kerja puskesmas Bandarharjo yang lainnya. Belum ada intervensi terkait TB secara spesifik dari puskesmas, intervensi yang diberikan hanya intervansi terkait lingkungan . Angka kesadaran literasi TB yang masih rendah di kelurahan Tanjung Mas. Mengingat masih tingginya stigma TB di masyarakat, maka sebagai tenaga surveilans kesehatan penyakit menular perlu di bekali dengan strategi dalam meningkatkan literasi TB pada masyarakat kelurahan Tanjung Mas melalui stakeholder terlebih dahulu untuk menuju Tanjung Mas kelurahan Literasi TB. Berdasarkan tingkat pendidikan didapatkan bahwa sebagian besar pendidikan SMA berada pada kategori problematic (47,4%) namun terdapat 10,5% berada pada kategoi sufficient dan excellent. Sedangkan berdasarkan umur 14,3% perempuan berada pada level sufficient dan pada laki-laki pada level excellent.

Keywords


Stakeholder, Kelurahan Literasi, Literasi Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Kelurahan Tanjung Mas. Profil Kelurahan Tanjung Mas [Internet]. 2019 [cited 2019 Dec 9]. Available from: http://tanjungmas.semarangkota.go.id/profilkelurahan

Dinas Kesehatan Kota Semarang. PROFIL KESEHATAN KOTA SEMARANG 2015. 2015.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016. Profil Kesehat Provinsi Jawa Teng Tahun 2016. 2016;3511351(24):47–83.

Van Der Heide I, Wang J, Droomers M, Spreeuwenberg P, Rademakers J, Uiters E. The relationship between health, education, and health literacy: Results from the dutch adult literacy and life skills survey. J Health Commun. 2013;18(SUPPL. 1):172–84.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sri Handayani



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :