Sosialisasi dan Pelatihan Peningkatan Partisipasi Politik dan Kebijakan Publik

Aenal Fuad Adam, Syahrabudin Husein Enala, Fransin Kontu, Muhammad Novan Prasetya

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah (1) Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya politik kewarganegaraan bagi generasi milenial kota Merauke, (2) Generasi Milenial belum seutuhnya memahami pentingnya partisipasi politik yang berdampak pada kemajuan system politik dan demokrasi di tingkat lokal (3) Generasi milenial belum memahami secara kompeherensif pentingnya pengetahuan, sikap, norma, nilai dan perilaku partisipasi dalam kehidupan politik (4) Generasi Milenial belum efektif dalam memahami pentingnya partisipasi dan kesadaran politik demi kemajuan kehidupan politik. Dari hasil penelusuran melalui observasi dan proses diskusi dengan mitra pada akhirnya melahirkan sebuah solusi yang akan ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra yaitu melalui sosialisasi, penyuluhan, dan transmisi pengetahuan politik dalam peningkatan partisipasi dan kesadaran politik bagi generasi milenial. Target yang akan dicapai setelah program PKM adalah (1) Peningkatan pengetahuan generasi milenial dalam peningkatan partisipasi dan kesadaran politik (2) Peningkatnya kesadaran dan pengetahuan politik generasi milenial (3) Munculnya sikap, nilai, norma dan perilaku generasi milenial yang sadar akan kehidupan politik. Pelaksanaan program PKM diaplikasikan dengan kegiatan non fisik meliputi sosialisasi sebagai media transfer informasi pengetahuan dan teknologi sehingga terjadi peningkatan kualitas dan efektifitas dalam peningkatan politik kewarganegaraan dalam peningkatan partisipasi dan kesadaran politik generasi milenial.


Keywords


sosialisasi politik, kewarganegaraan, partisipasi, kesadaran politik, generasi milenial

Full Text:

PDF

References


A. F. Adam, “Menegakkan Partisipasi Pemilih , Memperkuat Literasi Politik,” Bumi Sultra News, pp. 1–6, 2018.

M. T. A. Rahimallah, A. F. Adam, and F. A. Sudirman, “Orientasi Politik Kelas Milenial Dalam Pemilihan Gubernur : Sebuah Catatan Survey,” vol. 10, no. 2, pp. 71–83, 2019.

BPS Provinsi Papua, Provinsi Papua Dalam angka 2020. 2020.

BPS Indonesia, Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2018.

BPS, “BPS Papua.” 2020.

reportasenews.com, “Partisipasi Pemilih Pilgub di Kabupaten Merauke Capai,” 2018.

A. Arifin, S. Sunarto, and H. Cahyono, “Pengaruh Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Mahasiswa Prodi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo Pada Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018,” Edupedia, vol. 2, no. 2, p. 123, 2018, doi: 10.24269/ed.v2i2.144.

S. Muadi, Ismail, and A. Sofwani, “Konsep Dan Kajian Teori Perumusan Kebijakan Publik,” J. Rev. Polit., vol. 6, no. 2, pp. 195–224, 2016.

R. Surbakti, Penanganan Pelanggaran Pemilu Penanganan Pelanggaran Pemilu. 2011.

R. Wirawan, Mardiyono, and R. Nurpratiwi, “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah,” JISIP J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 4, no. 2, pp. 1–87, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aenal Fuad Adam



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :