Sosialisasi dan Pendampingan Manajemen Marketing dan Manajemen Warehouse Guna Mengontrol Perkembangan Usaha

Dwi Ramaddhian, Saputra Wijaya Kusuma, Yolanda Aviva Riska Ashari, Restu Marfiatun, Nadya Alfah, Ahsan Sumantika

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah salah satu hal yang sangat penting bagi Indonesia. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Sleman terdapat 68.382 UMKM yang terdapat pada kabupaten Sleman pada tahun 2021. Hal tersebut menjadikan sebuah permasalahan yang muncul agar dapat menjadikan UMKM dapat tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang besar. Fungsi manajerial menjadi hal yang sangat penting dalam suatu organisasi dimana manajemen persediaan menjadi hal yang tidak boleh diangap remeh, karena setiap keputusan dalam manajemen persediaan akan berkaitan dalam aktivitas organisasi dan pelayanan kepada konsumen. Sehingga perlu di lakukan sosialisasi dan pendampingan terkait marketing management dan werehouse management. Pendampingan tersebut dilakukan pada UMKM Nana babbycarrier yang bergerak dibidang industri kreatif yang beralamatkan di Gancahan VII, Rt 3/ Rw 16, Sidomulyo, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengabdian dilakukan selama 160 jam atau 2 bulan yang terbagi setiap hari rabu, kamis, dan jumat. Dengan melakukan sosialisasi dan pendampingan yang dilaksanakan menghasilkan luaran yang cukup baik dengan penilaian rata-rata 85,5% setelah dilakukan sosialisasi dan juga pendampingan. Harapannya untuk pelaku UMKM perlunya memperhatikan faktor marketing management dan warehouse management untuk keberhasilan usahanya


Keywords


UMKM, Service, Managerial

Full Text:

PDF

References


Nurhaliza, Shifa, 2022, “Begini Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia!”,Idxchannel.com economics, 06 Februari 2022 (Online). Tersedia : https://www.idxchannel.com/economics/begini-pentingnya-peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia , diakses tgl 30 November 2022

Admin, “Data UKM:IEEE,”, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Sleman 2021, (Online). Tersedia : https://dinkopukm.slemankab.go.id/data-statistik/data-ukm/ (Diakses 30 November 2022)

Ristono, Agus., (2010). Manajemen persediaan edisi 1. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Indrajit, E. Richardus, (2003).Manajemen Persediaan. Grasindo, Jakarta.

Babycarier, Nana ,”Webiste Nana Baby Carier,“Favorite Baby Carrier For All Parents, 01 Oktober 2019 (Online). Tersedia : www.nanababycarrier.com (Diakses 12 September 2022)




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yolanda Aviva Riska Ashari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :