Peningkatan Pemahaman Masyarakat Di Desa Wates, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang Mengenai Penyakit Sendi dan Pengobatannya

Nur Cholis Endriyatno, Rochmawati Rochmawati, Ikrimatul Hidayah, Zuhrotul Khakimah

Abstract


Nyeri sendi adalah penyakit yang umum terjadi pada lansia. Banyak masyarakat yang tidak memperhatikan gaya hidupnya, sehingga banyak dari mereka mengalami nyeri sendi. Pengabdian dilaksanakan di Desa Wates, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang merupakan kegiatan sosialisasi dan edukasi khususnya pada lansia. Pada kegiatan ini kami memberikan sosialisasi edukasi mengenai pengertian nyeri sendi, bahaya nyeri sendi, penyebab nyeri sendi dan edukasi-edukasi tentang cara pengobatan dan pencegahan pada nyeri sendi. Kemudian dilanjutkan sharing dan juga tes kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan dua konsep, yaitu penyuluhan secara langsung kepada kelompok sasaran yang dilakukan secara luring dengan tujuan supaya kelompok sasaran pengabdian dapat teredukasi. Kemudian dilakukan kegiatan pendampingan yang dilaksanakan 10 hari setelah kegiatan penyuluhan dengan tujuan kelompok sasaran pengabdian dapat mempraktikan secara langsung ilmu dan pengetahuan yang didapat dari hasil edukasi kegiatan tersebut. Dari hasil survey dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini ditunjukkan bahwa sebesar 90,4% dari total peserta pengabdian merasa lebih faham mengenai penyakit sendi dan pengobatan farmakologi maupun pengobatan non farmakologi dibandingkan sebelum ada kegiatan pengabdian ini. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah bahwa secara garis besar masyarakat sasaran kegiatan pengabdian ini mayoritas lebih mengetahui, memahami, dan tertarik dengan materi yang disampaikan.


Keywords


Nyeri sendi, pengobatan, terapi farmakologi dan non farmakologi.

Full Text:

PDF

References


BPS, “Statistik Penduduk Lanjut Usia 2021,” Jakarta, 2021.

S. E. Meiner, Gerontology Nursing, 4th ed. United States of America: Elsevier Mosby, 2011.

F. Ferawati, “Efektifitas Kompres Jahe Merah Hangat Dan Kompres Serai Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Arthritis Remathoid Pada Lanjut Usia Di Desa Mojoranu Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro,” J. Ilmu Kesehat. MAKIA, vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2017, doi: 10.37413/jmakia.v5i1.31.

W. Nugroho, Keperawatan Lanjut Usia. Jakarta : EGC. Jakarta: EGC, 2008.

C. Edelman and C. L. Mandle, Health Promotion Throughout The Life Span, 7th ed. St. Louis: Mosby, 2010.

J. A. Allender, C. Rector, and K. D. Warner, Community Health Nursing: Promoting and Proctecting the Public’s Health 7th Edition, 7th ed. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins, 2010.

M. Stanhope and J. Lancaster, Community and Public Health Nursing Sixth Edition. Missouri: Mosby Elsevier, 2004.

T. T. Marliana, “Efektivasi Latihan Lutut Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Osteoatritis Lutut Di Yogyakarta,” 2015, vol. 2, no. 1, pp. 44–56.

N. C. Endriyatno, D. A. Ningrum, E. Hafidzah, N. R. Ramadani, N. Cahyaningtiyas, and R. Widiawati, “Penyuluhan Manfaat Multivitamin untuk Imunitas Tubuh di Masa Pancaroba,” J. Pengabdi. Masy. Bhinneka, vol. 1, no. 2, pp. 66–72, 2022.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.1022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Cholis Endriyatno



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :