Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional di Kelurahan Karangrejo, Sumbersari, Jember

Dewi Dianasari, Endah Puspitasari, Bawon Triatmoko

Abstract


Beberapa sentra usaha terdapat di Kabupaten Jember, salah satunya berada di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Salah satunya adalah usaha produksi jamu tradisional yang dijalankan oleh kelompok mitra, yakni ibu-ibu warga RT 02/ RW07 Lingkungan Kalikotok, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan mitra terkait proses produksi dan pengemasan produk   yang higienis agar menghasilkan jamu yang aman, bermutu, dan berkhasiat, serta teknik pemasaran produk yang efektif dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan antara lain penyuluhan tentang tanaman obat dan obat tradisional, pelatihan dan praktik CPOTB, pelatihan dan praktik produksi jamu dan pengemasannya, serta pemasaran produk jamu. Kegiatan ini dapat mengatasi permasalahan mitra , menghasilkan produk jamu yang aman,bermutu dan berkualitas,  sekaligus dapat meningkatkan perekonomian mitra.


Keywords


jamu; berkualitas

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2012, Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 006/ 2012 tentang Industri dan Usaha Obat Tradisional, Jakarta: Kemenkes RI.

Paryono A. K., 2014, Kebiasaan Konsumsi Jamu Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh pada Saat Hamil dan Setelah Melahirkan di Desa Kajoran Klaten Selatan, JurnalTerpadu Ilmu Kesehatan, Mei 2014; 3(1): 64-72.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2012, Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 007/ 2012 tentang Registrasi Obat Tradisional, Jakarta: Kemenkes RI.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Dianasari, Endah Puspitasari, Bawon Triatmoko



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :