Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Ular Tangga bagi Siswa SD Antonius 2 Semarang

Maria Theresia Priyastuti, Mike Resanti, Guido Shyantica Yoga

Abstract


Abstrak

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Namun siswa mengalami kesulitan berkomunikasi karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini didukung pula dengan pembelajaran di sekolah yang lebih banyak menggunakan buku teks daripada menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih menarik sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan di SD Antonius 2 Semarang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih siswa sekolah dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kosakata dengan penggunaan media ular tangga.. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Dengan penggunaan media ular tangga, siswa SD Antonius 2 Semarang semakin terlatih berbicara bahasa Inggris dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan mereka.

 

Kata kunci : kosakata, bahasa Inggris, media, ular tangga

 

 

Abstract

English is one of the subjects that must be mastered by the Elementary School students. But students have difficulty communicating due to lack of mastery of the English vocabularies. This is also supported by learning in schools that uses more textbooks rather than using other learning methods that are more interesting so that this community service activity needs to be done at Antonius 2 Semarang Elementary School. The purpose of this community service activity is to train the Elementary School students to communicate in English to develop vocabulary knowledge and skills with the use of snake ladder media. The method of implementing activities is done through training of conducting classroom action research, which includes the stages of planning, implementation, evaluation and reflection. With the use of snake ladder media, the Elementary School students of Antonius 2 Semarang are increasingly trained to speak English and master many English vocabularies around their environment.

 

Keywords:

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Namun siswa mengalami kesulitan berkomunikasi karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini didukung pula dengan pembelajaran di sekolah yang lebih banyak menggunakan buku teks daripada menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih menarik sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan di SD Antonius 2 Semarang. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih siswa sekolah dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kosakata dengan penggunaan media ular tangga.. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Dengan penggunaan media ular tangga, siswa SD Antonius 2 Semarang semakin terlatih berbicara bahasa Inggris dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan mereka.

 

 

 

 

Abstract

English is one of the subjects that must be mastered by the Elementary School students. But students have difficulty communicating due to lack of mastery of the English vocabularies. This is also supported by learning in schools that uses more textbooks rather than using other learning methods that are more interesting so that this community service activity needs to be done at Antonius 2 Semarang Elementary School. The purpose of this community service activity is to train the Elementary School students to communicate in English to develop vocabulary knowledge and skills with the use of snake ladder media. The method of implementing activities is done through training of conducting classroom action research, which includes the stages of planning, implementation, evaluation and reflection. With the use of snake ladder media, the Elementary School students of Antonius 2 Semarang are increasingly trained to speak English and master many English vocabularies around their environment.

 


 


 


Keywords


vocabularies, English, media, snake ladder

Full Text:

PDF

References


Khasanah, P.M.A., Chamdani, & Susiani, T.S., 2014, Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar Siswa Kelas V SD, Skripsi, FKIP PGSD, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Komachali, M.E. & Khodareza, M., 2012, International Education Studies the Effect of Using Vocabulary Flash Card on Iranian Pre-University Students Vocabulary Knowledge, International Education Studies, No. 3, Vol. 5, May 8.

Sadiman, Arief. dkk., 2014, Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Falahudin, I., 2014, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran, Jurnal Lingkar Widyaiswara, No. 4, hal. 104–117.

Krisnawan, G. N. A., 2015, Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika, Bali, 9 – 10 Oktober.

Dahlan, T., 2010, Games Sains Kreatif dan Menyenangkan, Ruang Kata, Bandung.

Kusumawardhana., M.M., 2014, Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Adobe Flash CS4 Profesional Berbentuk Game Pendidikan Ular Tangga Pintar untuk Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas XI SMKN 2 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Nachiappan, S., Rahman, N., Andi, H., dan Zulkafaly, 2014, Snake and Ladder Games in Cognition Development on Students with Learning Difficulties. Review of Arts and Humanities, Vol.3, no.2, hal. 220.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 maria theresia priyastuti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :