Pengaruh Pembangunan Teknologi Dalam Persebaran Budaya Populer Di Kalangan Remaja Desa (Studi Di Desa Sambiroto, Sidoarjo)

Hisyamuddin Salim

Abstract


Penyelenggaraan pembangunan dalam esensinya merupakan upaya untuk menciptakan peningkatan kualitas hidup di masyarakat, tidak terkecuali pada masyarakat desa. Terjadinya pembangunan pada pelaksanaannya akan juga menciptakan peluang masuknya teknologi pada masyarakat yang mengalaminya, Hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah karena adanya teknologi dalam masyarakat selain membantu meningkatkan produktivitas industri, juga menjadi tolok ukur bahwasannya pendidikan yang mereka peroleh telah mencukupi sehingga teknologi sudah dapat beroperasi. Namun, perkembangan teknologi yang membawa pada kebebasan membuat dengan mudahnya budaya-budaya luar akan masuk pada suatu kelompok masyarakat. Hal tersebut pada masyarakat desa menimbulkan adanya kekhawatiran terhadap bergesernya nilai-nilai budaya yang dianut sebelumnya, terlebih oleh para remaja yang telah memiliki akses teknologi karena pada kelompok tersebut merupakan bagian yang paling rawan untuk dengan mudah menerima perubahan yang terjadi dari luar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan temuan dengan kata-kata. Dalam hasilnya, budaya populer yang tersebar di kalangan remaja desa mengakibatkan hilangnya tata krama pada sebagian remaja. Selain itu, interaksi sosial yang sebelumnya lebih banyak dilakukan secara langsung berubah menjadi maya melalui smartphone yang masing-masing mereka miliki.

Keywords


Development, Technology, Popular Culture, Teenager

Full Text:

PDF

References


E. Susilawati, “ANALISIS PROGRAM PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN SOSIAL KOMUNITAS ADAT TERPENCIL (KAT) SUKU BONAI KABUPATEN ROKAN HULU,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2014.

Y. Nismawati, “ANALISIS PELAKSANAAN PEMBANGUNAN FISIK DI KELURAHAN BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2014.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. 2014.

Badan Pusat Statistik, Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 3 ed. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

W. O. Rosliya, “PERSPEKTIF ISLAM TERHADAP BUDAYA KABUENGA DI KECAMATAN WANGI-WANGI SELATAN KABUPATEN WAKATOBI,” IAIN Kendari, 2016.

A. Rangkuti, “Perspektif Hukum Islam Terhadap Kebiasaan Masyarakat Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Madina Membuka Aurat Di Pemandian Umum,” UIN Sumatera Utara, 2011.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hisyamuddin Salim



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :