Pengenalan dan Pendampingan Berpikir Komputasi bagi Siswa SD Islam Al Azhar 25 Semarang

Nisa'ul Hafidhoh, Egia Rosi Subhiyakto, Yani Parti Astuti

Abstract


Abstrak

Metode pembelajaran pada saat ini akan ditekankan pada siswa agar bisa menyelesaikan masalah. Salah satu  metode pembelajaran yang digunakan adalah problem solving di mana siswa ditekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Untuk itu perlu diterapkan pengenalan tentang berpikir komputasi secara umum, sampai dengan penjelasan dalam menyelesaikan soal. Dengan metode ini,  siswa-siswi akan berusaha menyelesaikan masalah yang diberikas dan akan didampingi oleh guru. Metode ini ditawarkan pada SD Islam Al Azhar 25 Semarang. Pendampingan yang dilakukan mengenai bagaimana langkah-langkah menerapkan berpikir komputasi untuk pemecahan suatu soal atau masalah. Diskusi umum tentang problem solving melalui berpikir komputasi bagi siswa siswi dan guru pendamping SD Islam Al Azhar 25 Semarang.

 

 


Keywords


problem solving, komputasi, ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Undang - Undang No. 20, Sistem Pendidikan Nasional, 2003

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 84 tahun 2014 tentang pendirian satuan pendidikan anak usia dini

Andini, Lina; Nuryono, Wiryo. (2016). Pengembangan Buku Panduan Kemampuan Problem Solving untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal BK UNESA vol. 6 no.1 pp. 1-9

Husna; Burais, Fona Fitry. (2018). Penggunaan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Peluang vol. 6 no. 2 pp.1-7

Ayub, Mewati; Wijanto, Maresha Caroline; Senjaya, Wenny Franciska; Karnalim, Oscar; Kandaga, Tjatur; Witono, Timotius; Edi, Doro; Sujadi, Ferdian Sendy; Kartawihardja, Djoni Setiawan; Santosa, Sulaeman ; Gantini, Tiur. (2017).

Edukasi Berpikir Komputasional melalui Pelatihan Guru dan Tantangan Bebras untuk Siswa di Bandung pada Tahun 2016-2017, Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat vol. 2 no. 2 pp. 12-18

Maryono, atmosfer sekolah dasar dan implikasinya bagi pendidikan guru sekolah dasar, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 No.1 Tahun 2017




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 yani parti astuti, egia rosi subhiyakto, nisa'ul hafidhoh



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :