Pelatihan Brand Identity Untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital

- Murnawan, Sri Lestari, Rosalin Samihardjo, R.A.E Virgana Targa Sapanji

Abstract


Brand identity adalah aspek penting yang perlu dipertimbangkan oleh bisnis kecil dan menengah (UMKM) di era digital untuk membedakan diri dari pesaing mereka dan menarik perhatian pelanggan. Kesadaran merek yang rendah, ketidaksesuaian merek, dan kesulitan komunikasi adalah beberapa masalah yang sering dihadapi oleh UMKM. Kesadaran merek yang rendah dapat memengaruhi pertumbuhan bisnis karena menghambat pengenalan produk dan pengetahuan konsumen tentang merek. Merek dapat menggunakan berbagai strategi pemasaran seperti promosi, iklan, duta merek, dan interaksi langsung dengan konsumen untuk meningkatkan kesadaran merek. Ketidaksesuaian merek dapat menyebabkan kebingungan atau ketidakpercayaan di kalangan konsumen, yang dapat memengaruhi persepsi merek dan kepercayaan konsumen. Ini terjadi ketika terdapat perbedaan antara brand image yang ingin disampaikan oleh perusahaan dan citra merek yang diterima oleh konsumen. Oleh karena itu, menjaga konsistensi pada setiap elemen identitas merek sangat penting untuk membangun citra merek yang andal dan konsisten. Pelatihan identitas merek yang disediakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung membantu UMKM mencapai tujuan mereka dengan membangun merek yang kuat, meningkatkan visibilitas dan daya saing, dan membangun loyalitas pelanggan.

Keywords


Brand identity, Brand image, Era digital, Kesadaran merek, Ketidaksesuaian merek

Full Text:

PDF

References


X. Zhang, “The Influences of Brand Awareness on Consumers’ Cognitive Process: An Event-Related Potentials Study,” Front. Neurosci., vol. 14, 2020, doi: 10.3389/fnins.2020.00549.

I. B. Aristawidia, “Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital,” J. Manaj. dan Inov., vol. 1, no. 2, 2020, doi: 10.15642/manova.v1i2.351.

A. Wheeler, Designing Brand Identity - An Essencial Guide For The Entire Branding Team. John Wiley & Sons, Inc, 2018.

M. Coyne, “Three Sticks Wines: Digital Marketing, Branding, and Hospitality During a Crisis,” Wine Bus. J., vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.26813/001c.22071.

H. Semuel and K. Y. Setiawan, “Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase,” Manaj. Pemasar., vol. 12, no. 1, 2018.

J. Oliver and Perdana, “Strategi Branding Portal Online Www.Tripriau.Com Dalam Membangun Brand Awareness Sebagai Portal Online Pariwisata Provinsi Riau,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2018.

Y. Mao et al., “Apple or Huawei: Understanding flow, brand image, brand identity, brand personality and purchase intention of smartphone,” Sustain., vol. 12, no. 8, 2020, doi: 10.3390/SU12083391.

J.-N. Kapferer, The New Strategic Brand Management: Advanced Insights and Strategic Thinking. Kogan Page Publishers, 2012.

K. L. Keller and V. Swaminathan, Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity Fifth Edition, Fifth. Pearson Education Limited, 2020.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed. Essex, England: Pearson Education Limited, 2016.

D. Rowles, Digital branding: a complete step-by-step guide to strategy, tactics and measurement. Kogan Page, 2014.

AMA, “American Marketing Association Dictionary,” American Marketing Association, 2015.

M. Neumeier, The Brand Gap: How to Bridge the Distance Between Business Strategy and Design. New Riders, 2005.

D. Aaker, Aaker on Branding: 20 Principles That Drive Success. Morgan James Publishing, 2014.

D. A. Aaker, Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance, Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. Simon and Schuster, 2009.

P. Kotler, G. Armstrong, and M. O. Opresnik, Principles of Marketing 17th Global Edition. Pearson Education Limited, 2018.

S. Santosa et al., “Pengenalan Strategi Digital Branding Untuk Meningkatkan Penjualan Umkm Pada Komunitas Umkm Desa Gelam Jaya, Kabupaten Tangerang,” Jurnal.Ubd.Ac.Id, vol. 1, no. 2, 2021.

A. Walangitan, S. S. Pangemanan, and F. S. Rumokoy, “Analysing The Impact of Brand Equity on Consumer Purchase Intention of Etude House Cosmetic Product in Manado,” J. EMBA, vol. 3, no. 2, 2015.

K. L. Keller, “Reflections on customer-based brand equity: perspectives, progress, and priorities,” AMS Rev., vol. 6, no. 1–2, 2016, doi: 10.1007/s13162-016-0078-z.

C. R. Santoso and T. E. Cahyadi, “Analyzing the Impact of Brand Equity towards Purchase Intention in Automotive Industry: A Case Study of ABC in Surabaya,” iBuss Manag., vol. 2, no. 2, 2014.

M. R. Solomon, Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. 2018.

R. Belk, “Extended self and the digital world,” Current Opinion in Psychology, vol. 10. 2016. doi: 10.1016/j.copsyc.2015.11.003.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Murnawan Murnawan



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :