Psikoedukasi ‘Anxietywarrior.go’ untuk Gangguan Kecemasan

Riris Ristiana, Salma Salsabila Prayiitno, Ericha Gadis Widowati, Dewi Retno Suminar

Abstract


Kecemasan merupakan mood negatif yang berhubungan dengan perasaan bahwa segala sesuatu dapat berjalan buruk. Terdapat faktor resiko atas terjadinya anxiety pada indiviidu tak terkecuali pada remaja Intervensi merupakan hal yang sangat penting untuk mengatasi risiko tersebut, sehingga kami merencanakan promosi kesehatan mental melalui psikoedukasi. Bentuk kegiatan  intervensi promotif yaitu psikoedukasi dalam bentuk promosi kesehatan mental melalui media Instagram melalui kesiapan kognitif dengan pemberian pemahaman serta informasi baru. Sasaran dari kegiatan webinar ini adalah remaja yaitu individu yang berusia 12-18 tahun. Sasaran peserta pada psikoedukasi ini adalah individu yang mengalami kecemasan, selain itu peserta psikoedukasi juga terdiri dari individu yang tidak mengalami kecemasan sebagai langkah preventif. Berdasarkan hasil intervensi psikoedukasi terkait anxiety, memperoleh hasil bahwa intervensi ini berhasil untuk meningkatkan pengetahuan audiens terkait anxiety. Hal ini didukung dengan hasil post-test audiens yang hasilnya mengalami peningkatan dibanding dengan pre-test

Keywords


Instagram, Kecemasan, Psikoedukasi, Remaja

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI, “Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia,” 2019. https://pusdatin.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-pusdatin-info-datin.html (diakses 23 Mei 2022).

D. H. Barlow, V. M. Durand, dan S. G. Hofmann, Abnormal psychology: an integrative approach, Eighth edition. Boston, MA: Cengage Learning, 2018.

D. Chandratika dan S. Purnawati, “Gangguan Cemas pada Mahasiswa Semester I dan VII Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana”.

A. Carr, The handbook of child and adolescent clinical psychology: a contextual approach, Third edition. London ; New York: Routledge, Taylor & Francis Group, 2016.

J. R. Batubara, “Adolescent Development (Perkembangan Remaja),” SP, vol. 12, no. 1, hlm. 21, Nov 2016, doi: 10.14238/sp12.1.2010.21-9.

A. A. Setianingrum, Yusmansyah, dan S. Mayasari, “Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Menggunakan Teknik Relaksasi”.

B. A. Amali dan L. E. Rahmawati, “Upaya meminimalisasi kecemasan siswa saat berbicara di depan umum dengan metode expressive writing therapy,” JIPT, vol. 8, no. 2, hlm. 109, Sep 2020, doi: 10.22219/jipt.v8i2.12306.

F. Thomas, “12 Ways to Calm Your Anxiety,” 2020. https://www.healthline.com/health/how-to-calm-anxiety (diakses 23 Mei 2022).

A. S. Putra dan N. Soetikno, “Pengaruh Intervensi Psikoedukasi untuk Meningkatkan Achievement Goal pada Kelompok Siswi Underachiever,” JMISHUMSEN, vol. 2, no. 1, hlm. 254, Jun 2018, doi: 10.24912/jmishumsen.v2i1.1514.

S. Rosmaharani, T. A. Wihastuti, dan L. Supriati, “Pengaruh Psikoedukasi Keluarga terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan dan Persepsi Beban Keluarga Merawat Anak dengan Retardasi Mentaldi SDLB Negeri Kabupaten Jombang,” vol. 5, no. 2, 2015.

R. M. Hidayatullah dan I. Noviekayati, “Psikoedukasi Pemahaman Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Anggota Osis SMP Kelas”.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riris Ristiana, Salma Salsabila Prayiitno, Ericha Gadis Widowati, Dewi Retno Suminar



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :