Pelatihan Penggunaan AutoCAD untuk Kontruksi Bangunan Sipil

Revianty Nurmeyliandari, Febriyanti Panjaitan, Mukhlis Nahriri Bastam, Hadi Syaputra

Abstract


Kegiatan pengabdian Pelatihan Penggunaan Software AutoCAD untuk proyek konstruksi bangunan sipil bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan teknologi dalam bidang proyek konstruksi bangunan sipil. Dalam pelaksanaan proyek, kemampuan teknis dan penggunaan software yang tepat sangat penting untuk memastikan kualitas dan efisiensi proyek. Software AutoCAD adalah alat yang sangat penting dalam bidang pembangunan sipil. Namun, masih ada mararakat atau pelaku pembangunan yang belum memahami dan belum mampu menggunakan software ini, sehingga menyebabkan masalah-masalah dalam pelaksanaan proyek. Pelatihan penggunaan software AutoCAD untuk proyek konstruksi bangunan sipil diharapkan dapat membantu peserta memahami dan menguasai penggunaan software ini dengan baik. Pelatihan akan memfokuskan pada pemahaman dan aplikasi software dalam bidang proyek konstruksi bangunan sipil, sehingga peserta dapat memahami bagaimana software ini dapat membantu dalam pelaksanaan proyek. Luaran dari pengabdian ini adalah peserta memiliki kapasitas dan pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan software AutoCAD dan dapat memastikan hasil proyek konstruksi bangunan sipil yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan hasil positif, dimana 83% peserta mampu mengerjakan soal gambar teknik menggunakan aplikasi AutoCAD. Implementasi pelatihan sangat penting untuk membantu peserta memahami dan memiliki keterampilan dalam menggunakan software AutoCAD untuk proyek konstruksi bangunan sipil. Dukungan pihak terkait dan motivasi peserta merupakan faktor pendorong, sedangkan keterbatasan waktu, sumber daya, dan kendala teknis merupakan faktor penghambat. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mengatasi faktor penghambat agar pelaksanaan program dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Keywords


Software AutcoCad, Construction Buildings, Training

Full Text:

PDF

References


R. D. Atmajayani, “Implementasi penggunaan aplikasi autocad dalam meningkatkan kompetensi dasar menggambar teknik bagi peserta,” Briliant J. Ris. Dan Konseptual, vol. 3, no. 2, pp. 184–189, 2018.

H. W. Puruhita, “Evaluasi Penyebab Keterlambatan Dalam Penyelesaian Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Rosalia Indah Group).” UNS (Sebelas Maret University), 2014.

R. B. S. Bahtiar, “Peningkatan Kualitas Pegawai melalui Program Autocad: Pendekatan Social Exchange Theory,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, 2021.

G. Yanti, Z. Zainuri, and S. W. Megasari, “Pelatihan Penjadwalan dengan Ms Project bagi Penyedia Jasa Konstruksi di Kota Pekanbaru,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, pp. 125–134, 2019.

B. Panjaitan, “Proses Kognitif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika,” J. Ilmu Pendidik., vol. 19, no. 1, pp. 17–25, 2013.

I. Magdalena, M. N. Annisa, G. Ragin, and A. R. Ishaq, “Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04,” NUSANTARA, vol. 3, no. 2, pp. 150–165, 2021.

E. J. Kusuma, S. Handayani, and R. Nurmandhani, “Pengenalan Penggunaan Aplikasi ‘ACOV19’ Sebagai Activity Tracking dan Media Literasi Digital di Kelurahan Tanjungmas,” ABDIMASKU J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 3, pp. 457–462, 2022




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Febriyanti Panjaitan, Revianty Nurmeyliandari, Revianty Nurmeyliandari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :