Gamifikasi berbasis Board Game untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab

Khafiizh Hastuti, Pulung Nurtantio Andono, Arry Maulana Syarif

Abstract


Karakteristik Gim edukasi dinilai tepat untuk diimplementasikan di Rumah Tahfidz At Tauhid. Gim edukasi Learning Arabic didesain untuk mendukung pembelajaran Bahasa Arab, dan gim berbasis Web dipilih agar dapat diakses oleh murid tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Jenis permainan board game dipilih untuk menerapkan gamifikasi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tahap pengembangan gim edukasi dilakukan dengan menggunakan metode prototipe. Metode pengembangan perangkat lunak ini melibatkan interaksi antara pengembang dan pelanggan secara intensif selama proses pengembangan perangkat lunak. Hasil evaluasi yang dilakukan menggunakan teknik user acceptance test menunjukkan bahwa secara umum gim edukasi yang dikembangkan telah memenuhi target yang ditentukan, yaitu menarik minat murid untuk memainkan gim edukasi dalam mendukung pembelajaran Bahasa Arab. Semua murid menyatakan gim edukasi yang dikembangkan menarik untuk dimainkan lagi.

Keywords


Gim Edukasi, Gamifikasi, Boardgame, Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khafiizh Hastuti, Pulung Nurtantio Andono, Arry Maulana Syarif



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :