Pendidikan Seks Untuk Mengatasi Penyimpangan Orientasi Seksual/LGBT di SMPN 3 Padang Panjang

Yance Komela Sari, Nopan Saputra, Anggra Trisna Ajani

Abstract


Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT)  adalah orang  yang memiliki masalah  orientasi seksual yang bertentangan dengan heteroseksual. Permasalahan LGBT ini merupakan masalah social yang sangat mengkhawatirkan dan mengancam kehidupan  umat manusia, kehidupan beragama, keluarga, kelangsungan hidup manusia dan kepribadian bangsa karena tidak sesuai dengan fitrah manusia. Sekolah merupakan Lembaga Pendidikan yang memiliki banyak siswa dari latar belakang yang  berbeda dan memiliki resiko tinggi terhadap isu homoseksual. Kegiatan yang mereka lakukan selama di sekolah mengakibatkan mereka bertemu dan bersosialisasi dengan sesama mereka sesama laki-laki dan sesama perempuan secara terus menerus. Faktor ini dapat membuat siswa terjerumus dalam  perbuatan LGBT yang menyimpang. Salah satu  kasus LGBT yang ditemukan di sekolah di provinsi Sumatera Barat adalah kota Padang Panjang. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan Pendidikan seks untuk mengatasi penyimpangan orientasi seksual (Lesbian, Gay, Bisexual, Dan Transgender/LGBT) di Sekolah. Metode pengabdian dengan metode ceramah dan diskusi. Hasil pengabdian didapat bahwa Penyuluhan yang telah dilakukan berjalan cukup lancar dan responsif. Setelah penyuluhan dilakukan terlihat terjadinya peningkatan pengetahuan pada siswa tentang seks dan Penyimpangan Orientasi Seksual (Lesbian, Gay, Bisexual, Dan Transgender/LGBT).


Keywords


Pendidikan Seks, Penyimpangan orientasi Seksual,LGBT

Full Text:

PDF

References


D. W. D. Putri, “LGBT dalam Kajian Hak Asasi Manusia di Indonesia,” Ikat. Penulis Mhs. Huk. Indones. Law J., vol. 2, no. 1, pp. 88–100, 2022.

D. Wahyuni, “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seks Bagi Anak untuk Mengantisipasi LGBT,” Quantum J. Kesejaht. Sos. BBPPKS Reg. I Sumatra Kementrian Sos. RI, vol. 14, no. LGBT, pp. 23–32, 2018.

S. Halim and J. Liang, “Hidup Sebagai LGBT di Asia,” Lap. LGBT Nas. Indones., 2013.

M. Syarif and S. Meri, “Menyelamatkan Remaja dari Bahaya LGBT dengan Pendampingan, Pengenalan dan Pendidikan Seks di Pondok Pesantren Sumatera Barat,” Al-Irsyad : Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, pp. 54–69, 2018.

Alhamdu, “Orientasi Seksual; Faktor, Pandangan Kesehatan dan Agama Studi Literatur Oleh : Alhamdu 1,” vol. 16, no. 1, pp. 120–140, 2015.

N. Marhayati, “Pendidikan Seks bagi Anak dan Remaja : Persfektif Psikologi Islam,” J. Ilm. Syiar, vol. 21, no. 01, pp. 45–61, 2021.

R. Chandra, “Parah! Oknum Guru Gay di Padang Panjang Paksa Siswa SMP Onani, Ini Modusnya,” Suara Sumbar.id, 2021.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

R. Wati, “Peningkatan Pengetahuan Tentang Pendidikan Seks,” J. Masy. Mandiri, vol. 5, no. 6, pp. 5–12, 2021.

N. Nugraha, E. Widianti, and S. Senjaya, “Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Lesbian, Gay, Biseksual, Dan Transgender (Lgbt) Di Sma X Garut,” J. Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nurs. Journal), vol. 6, no. 1, pp. 16–26, 2020.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yance Komela Sari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :