Perangkat Desa Melek Digital dan Kreatif: Pelatihan Pengembangan Konten Digital Desa Ngijo Kabupaten Malang

Cahya Rahmad, Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, Annisa Puspa Kirana, Moch. Zawaruddin Abdullah, Septian Enggar Sukmana

Abstract


Potensi pariwisata, kekayaan sumber daya pertanian, dan lokasi strategis yang dimiliki oleh Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang perlu mendapatkan perhatian pada perubahan informasi terkini di desa tersebut. Desa Ngijo telah memiliki website sebagai media penyampaian informasi, namun kendala yang muncul adalah pengembangan konten di dalam webiste tersebut, para perangkat desa yang bekerja di desa tersebut masih merasakan kesulitan untuk mengembangkan konten yang tepat. Pelatihan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Perangkat yang dipakai pada pelatihan ini adalah Canva sehingga memudahkan perangkat desa karena dapat dipakai langsung di smartphone setiap perangkat desa. Pelatihan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan mendapatkan hasil 90% peserta pelatihan ini menyatakan pelatihan ini sangat bermanfaat.


Keywords


website desa; konten digital; pelatihan pengembangan konten; desa ngijo; kabupaten malang

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2008. Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL, C.V. Andi Offset. Yogyakarta

Chandrakusuma Hardian. 2009. Perancangan Media Promosi Produk Teh Walini Organik PT. Perkebunan Nusantara VIII, Jurusan Desain Produk Industri, FTSP ITS.

Gunawan, Wahyu., 2010, Kebut Sehari Jadi Web Master, Yogyakarta, Genius Publiser

Indah Ika Nur, Yulianto Lies. 2013. Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Produk Kelompok PIDRA Desa Gawang Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, International Journal of Computer Science – Speed (IJCSS), 15 vol 10 no 1.

Iqbal., 2009, Rekayasa Content Management System (CMS) Joomla Berbasis Open Source untuk Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Online, Jurnal Informatika, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Vol 3, No.3 Januari.

Setiawan, Arifin.dkk., 2003, Menjadi Web Proggramer HTML, PHP, dan MySQL Dasar dan Aplikasi, www.id.or.id, diakses tanggal 23 Juli 2016.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cahya Rahmad, Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, Annisa Puspa Kirana, Moch. Zawaruddin Abdullah, Septian Enggar Sukmana



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :