Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Pesantren melalui Aplikasi Ms Excel

Ananda Sari Damayanti, Vega Wafaretta

Abstract


Pondok Pesantren Q adalah salah satu pondok pesantren modern yang ada di Singosari Malang. Walaupun pondok pesantren Q sudah berkonsep modern, pengelola pondok terbatas mencatat kas masuk dan keluar saja tanpa menyusun laporan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, studi ini bertujuan menyusun template laporan keuangan sesuai dengan kondisi pondok pesantren Q dengan menggunakan Microsoft Excel. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) terdiri dari penelitian pendahuluan untuk mengidentifikasi potensi masalah dan melakukan pengumpulan data; pengembangan produk yang meliputi desain dan validasi desain produk; uji coba produk ke pesantren untuk mengetahui kekurangan template template yang telah dibuat; serta revisi desain setelah uji coba. Hasil dari pengembangan produk berupa aplikasi laporan keuangan berbasis Microsoft Excel dan buku pentunjuk teknis penggunaan excel. Dengan adanya template excel dan buku Petunjuk Teknis, pihak pengelola pondok merasakan manfaat, yaitu pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan yang lebih mudah, cepat, dan lengkap sesuai Pedoman Akuntansi pesantren (PAP). Dari laporan keuangan yang dihasilkan, pemilik pondok dapat membuat keputusan yang strategis berdasarkan kondisi keuangan pondok dan pihak eksternal dapat mengetahui penggunaan uang yang telah dibayarkan.

Keywords


pondok pesantren; laporan keuangan; microsoft excel; petunjuk teknis; Pedoman Akuntansi Pesantren (PAP)

Full Text:

PDF

References


Solikhah, S., Sudibyo, Y. A. dan Susilowati, D. 2019. Fenomena kualitas laporan keuangan pesantren berdasar Pedoman Akuntansi Pesantren dan PSAK no 45. Soedirman Accounting Review, Vol. 4, No. 1, 19-39.

Sugeha, A. dan Lambey, L. 2017. Peranan PSAK No. 45 Revisi Tahun 2015 pada Yayasan Madrasah Ibtidaiyah Baitul Makmur Kota Kotamobagu. Jurnal Accountability, Vol. 6, No. 1, 92-102.

Wicaksono, K. W. (2015). Akuntabilitas organisasi sektor publik. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik (JKAP), Vol. 19, No. 1, 17-26.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2018, Pedoman Akuntansi Pesantren, Bank Indonesia, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2020, Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 35, Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2016, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Jakarta.

Sugiyono, 2009, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ananda Sari Damayanti, Vega Wafaretta



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :