Revitalisasi Trias UKS: Edukasi Dokter Kecil Mengenai PHBS Sekolah Pada Masa Pandemi COVID-19

Zahra Ayu Qalbina, Annisa Nurrachmawati

Abstract


Penyelenggaraan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 dapat dilakukan dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Pelaksanaan metode PTM Terbatas erat kaitannya dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Penanaman nilai PHBS di sekolah dapat dilakukan melalui pendekatan Trias UKS. Salah satu UKS yang perlu pengoptimalan dalam pelaksanaannya adalah UKS SD Negeri 010 Samarinda Kota. Pelaksanaan kegiatan UKS di SD Negeri 010 Samarinda Kota sempat terhenti karena adanya pandemi COVID-19 dan belum mendapatkan pembinaan kembali dari pihak puskesmas setempat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri 010 Samarinda Kota pada November–Desember 2022 dengan tujuan untuk melakukan revitalisasi UKS. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menerapkan pendekatan teori Precede-Proceed. Hasil pengabdian masyarakat ini diketahui bahwa yang menjadi prioritas masalah untuk diselesaikan adalah dokter kecil belum mendapatkan pembinaan selama pada masa pandemi karena kegiatan UKS yang berhenti, sehingga dilakukan program promosi kesehatan berupa edukasi dokter kecil mengenai PHBS sekolah. Program tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dokter kecil mengenai topik PHBS sekolah.


Keywords


PHBS Sekolah; Dokter Kecil; Precede-Proceed; UKS; COVID-19

Full Text:

PDF

References


Q. Aini and N. Hidayah, “Gerakan Hidup Sehat Di Sekolah Bersama Para Dokter Cilik,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., vol. 2015, no. September 2000, pp. 393–401, 2019.

K. Hidayat and Argantos, “Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih dan Sehat Peserta Didik,” J. Patriot, vol. 2, no. 2, pp. 627–639, 2020.

Direktorat Sekolah Dasar, Tata Kelola UKS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, 2020.

Direktorat Sekolah Dasar, Penerapan Trias UKS dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, 2021.

Republik Indonesia, “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).” 2022, [Online]. Available: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/2022/FINAL JDIH SALINAN SKB 4 MENTERI PANDUAN PTM_22 APRIL 2022.pdf.

Direktorat Sekolah Dasar, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah untuk Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Jakarta, 2021.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama, “Peran UKS dalam Pelaksanaan PTM Terbatas,” 2021. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/peran-uks-dalam-pelaksanaan-ptm-terbatas/.

R. Q. Hadza, “Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan Model-Model Perencanaan,” 2022, [Online]. Available: https://osf.io/8myxj/download.

S. Notoadmodjo, Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zahra Ayu Qalbina, Annisa Nurrachmawati



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :