Pelatihan Pembuatan Video Storytelling Melaui Media Sosial Tiktok Terkait Produk Makanan Lokal Di Desa Wisata Karangrejo

Nadia Itona Siregar, Rahmawati Zulfiningrum, Swita Amallia Hapsari

Abstract


Desa Wisata Karangrejo Kec.Borobudur, Magelang, Jawa tengah adalah salah satu desa yang mendapatkan sertifikasi sebagai Desa Wisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sejak Pandemi Covid-19 telah terjadi penurunan rata-rata kunjungan wisatawan ke objek wisata mencapai lebih dari 70%. Jika kondisi tidak membaik maka diproyeksikan potensi kerugian hingga Desember 2022 akan mencapai Rp. 500 miliar. Guna untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif di Desa Wisata Karangrejo maka diperlukannya peningkatan kemampuan SDM masyarakat khususnya dalam hal digital. Sehingga potensi wisata kuliner lokal di Desa Wisata Karangrejo seperti gula jawa, rambutan, manggis, kelapa, sayuran, Albasia, Jati, Jahe, dan Kunir dapat menarik pengunjung wisata melalui video storytelling. Oleh karena itu, diperlukan pengabdian kemitraan masyarakat untuk memberikan pelatihan aktivitas pengelolaan media konten digital dan pembuatan video storytelling untuk mengangkat kembali ekonomi kreatif dan menarik pengunjung. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan memberikan pelatihan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek membuat contoh sederhana konten TikTok. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu pelaku wisata di Desa Wisata Karangrejo yaitu para pengelola homestay, pengelola desa wisata, dan pengelola Puthuk Setumbuk mampu memahami dan mengenali potensi produk makanan lokal yang akan dikembangkan, mampu mempraktekkan pembuatan video storytelling sederhana sehingga dapat menjadi dasar dalam pembuatan video storytelling terkait produk wisata.


Keywords


Desa Wisata Karangrejo; Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis); Makanan Lokal, Pelaku Wisata; Video Storytelling

Full Text:

PDF

References


R. Pakpahan, Implementasi Prinsip Pariwisata Berbasis Komunitas Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglinggo Yogyakarta, Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, vol. 5, no. 1, pp. 103116, 2018, Accessed: Jan. 11, 2023. [Online]. Available: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj5mcj8i8v5AhXuTmwGHYeEA2IQFnoECAMQAQ&url=https%3A%2F%2Fjournal.stp-bandung.ac.id%2Findex.php%2Fbarista%2Farticle%2Fview%2F160&usg=AOvVaw3RWHDjaF2UYb-IIcBc2u6q

A. P. R. Arifin, Pendekatan Community Based Tourism dalam Membina Hubungan Komunitas di Kawasan Kota Tua Jakarta., Jurnal Visi Komunikasi, vol. 16, no. 01, pp. 111130, 2017, Accessed: Jan. 10, 2023. [Online]. Available: https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1647/submission/original/1647-3674-1-SM.pdf

Balkondes Karangrejo, Balkondes Karangrejo., Balkondes Karangrejo. http://balkondesborobudur.com/desa-wisata/desa-karangrejo/ (accessed Jan. 10, 2023).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Desa Wisata Karangrejo Borobudur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/karangrejo_borobudur#:~:text=Pengunjung%20juga%20bisa%20mencoba%20melihat,serbuk%20batu%20dan%20ukir%20bambu. (accessed Jan. 09, 2023).

J. Kivela and J. C. Crotts, Gastronomy Tourism, Journal of Culinary Science & Technology, vol. 4, no. 23, pp. 3955, Dec. 2005, doi: 10.1300/J385v04n02_03.

A. Wijayanti, Wisata Kuliner Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Di Kota Yogyakarta , Indonesia, Jurnal Pariwisata Dan Budaya, vol. 11, no. 1, pp. 7482, 2020, Accessed: Mar. 10, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7998

H. Sofia and N. Yuliastuti, Video storytelling dinilai efektif jadi alat promosi wisata, Antaranews, 2020. Accessed: Jan. 10, 2023. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/1603338/video-storytelling-dinilai-efektif-jadi-alat-promosi-wisata#mobile-src

A. Zubaidi, S. D. Maharani, and A. R. Sairah, Kearifan Lokal Desa Wisata Karangrejo dan Karanganyar untuk Memperkuat Ketahanan Ekonomi Desa Pasca Pandemi Covid-19, Jurnal Filsafat Indonesia, vol. 5, no. 3, pp. 227234, 2022.

T. Mahfud, Y. Mulyani, and R. Setyawati, Pengembangan Pariwisata Berbasis Komunitas: Strategi Komunitas Foodies Dalam Pengembangan Wisata Kuliner di Balikpapan, in Prosiding SNITT POLTEKBA, Balikpapan: SNITT POLTEKBA, 2017, pp. 105117.

M. Harsana and M. Triwidayati, POTENSI MAKANAN TRADISIONAL SEBAGAI DAYA TARIK WISATA KULINER DI D.I. YOGYAKARTA, in Prosiding PTBB 2020, Yogyakarta: Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana , 2020, p. 124.

T. L. Anita and N. S. Lestari, KONSEP BRAND STORYTELLING, VALUE PERCEPTIONS DAN VISIT INTENTION PADA KAWASAN TUJUAN WISATA DI JAKARTA (Survey pada Video Iklan Taman Mini Indonesia Indah di YouTube), Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), vol. 8, no. 2, pp. 281291, Dec. 2020.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadia Itona Siregar



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :