Pelatihan Membangun Daya Nalar Matematis Siswa Menggunakan Mingle Model Berbasis Bahasa Inggris

Nurapni Sopia, Ferdinanda Itu Meo, Ilinawati Ilinawati

Abstract


Setiap manusia memiliki daya nalar yang berbeda yang merupakan salah satu kemampuan penting dan perlu dimiliki oleh setiap manusia. Daya nalar merupakan modal utama dalam mempersiapkan siswa menghadapi kompetensi penalaran di masa mendatang. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru TK dan SD Bethel untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam rangka membangun daya nalar dan memotivasi siswa dalam belajar matematika dengan menggunakan mingle model berbasis bahasa Inggris.Metode yang digunakan dengan memberikan pendampingan dan pelatihan tentang metode atau teknik untuk meningkatkan atau membangun daya nalar  matematis siswa. Kegiatan ini dilakukan dengan melihat besarnya tingkat kebutuhan guru TK dan SD Bethel akan metode, teknik dan model dalam kegiatan pembelajaran terutama pada mata pelajaran Matematika. Pada kegiatan pelatihan ini, peserta diberi materi tentang penalaran matematis menggunakan mingle model berbasis Bahasa Inggris. Kegiatan ini mengkombinasikan dua disiplin ilmu yaitu matematika dan Bahasa Inggris.Peserta yang diikutsertakan dalam aktivitas penalaran matematis yakni berhitung, kemudian peserta juga terlibat dalam aktivitas mingle yang dikemas dalam bentuk games yang terbagi menjadi beberapa tipe mingle games. Berdasarkan hasil wawancara terhadap peserta, 96% dari jumlah pesertamampu membangun daya nalar dan memberikan motivasi siswadalam kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan mingle model berbasis bahasa Inggris.


Keywords


Daya Nalar Matematis, Mingle Model, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Depdiknas (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika, Sekolah

Menengah Umum. Jakarta: Depdiknas.

Suherman, E. dan U. Winataputra. 1993. Strategi belajar mengajar matematika. Jakarta:

Depdikbud.

Mullis, I.V.S, Martin, M.O., Gonzalez, E.J., Smith, T.A., Garden, R.A., Gregory, K.D.,

Chrostowki, S.J., dan O’Connor, K.M. 2003. TIMSS. Assessment Frameworks and Specifications 2003. Trend in mathematics and science study. The International Study Center Bortox College, Lynch School of Education.

Permendiknas No. 23 Tahun 2006.

Dahlan, J.A. (2004). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematik

Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended. Disertasi UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.

Pollard, L & Hess, N. (1997). Zero Prep: Ready to Go Activities for Teachers.

Herforthshire.Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurapni Sopia



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :