Pendampingan dan Pelatihan Aplikasi Google bagi Kader dan Masyarakat Kelurahan Bendul Merisi-Surabaya

Yosefina Finsensia Riti, Stephanus Surijadarma Tandjung

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai bidang sangat penting untuk dilakukan di era sekarang, dimana setiap pekerjaan akan lebih cepat dan mudah diproses dengan menggunakan teknologi informasi. Kelurahan Bendul Merisi telah mengimplementasikan kampung digital, dimana setiap permintaan warga bisa dilakukan secara digital. Berdasarkan hasil survey lapangan dan wawancara bersama pak Lurah di kantor kelurahan Bendul Merisi, diperoleh informasi masih banyaknya warga dan kader yang belum sepenuhnya mengetahui cara memanfaatkan teknologi informasi, seperti manajemen berkas, layanan email, serta kebutuhan survey atau kuesioner yang dapat disebarkan secara digital. Oleh karena itu diperlukan pelatihan penggunakan teknologi informasi berupa aplikasi google yang dikemas dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dari hasil kegiatan pengabdian ini peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi google, terbukti peserta memiliki email pribadi, memindahkan dokumen (foto, file) ke drive dan sharing file dengan peserta lainnya, dan membuat google form secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan data dari mereka sendiri. Selain itu peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan jika ada yang kurang dipahami dari materi pelatihan yang disampaikan, sehingga dapat secara langsung dbantu oleh tim.


Keywords


Drive, GForms, Gmail

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Surabaya, “Kelurahan Bendul Merisi.” https://pemerintahan.surabaya.go.id/home/kelurahan_bendul_merisi (accessed Jun. 07, 2023).

A. Otitodirichukwu, “Factors Affecting Students’ Use of Google Apps For Education In Developing Countries (A Case Study of University of Benin Undergraduates),” no. September, pp. 2–3, 2015.

E. Abdel-Reheem Amin, “A Review of Research into Google Apps in the Process of English Language Learning and Teaching,” Arab World English J., vol. 11, no. 1, pp. 399–418, 2020, doi: 10.24093/awej/vol11no1.27.

G. one Sheet., “Google Apps for Educaton. Tools that build teamwork and enhance learning. Google.”

Adelia, Miftahurrahmah, Nurpathonah, Y. Zaindanu, and M. T. Ihsan, “The role of google form as an assessment tool in elt: critical review of the literature,” Indones. J. Res. Educ. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 58–66, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.51574/ijrer.v1i1.49

C. Suryanovika, “Google Forms: An Assessment Tool Accommodating the Generation-Z Students’ Learning Needs,” E-Structural, vol. 2, no. 2, pp. 140–152, 2020, doi: 10.33633/es.v2i2.3257.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yosefina Finsensia Riti, Stephanus Surijadarma Tandjung



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :