Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Praktikum Fitokimia berbasis Augmented Reality di Program Studi Vokasi


Abstract


Terdapat beberapa program studi vokasi yang serupa dengan DIII analisis farmasi dan makanan, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II di daerah DKI Jakarta, Depok, dan Tangerang Selatan yaitu di  DIII Farmasi Universitas M.H. Thamrin, DIII Farmasi Universitas Pancasila, DIII Farmasi STIKES IKIFA, Akfar Bumi Husada, DIII Farmasi Poltekkes Hermina, DIII Farmasi Poltekkes Genesis, dan DIII Farmasi STIKES Widya Dharma Husada. Program studi tersebut memiliki mata kuliah praktikum dan teori Fitokimia di dalam kurikulum namun belum memiliki media pembelajaran digital berbasis augmented reality. Oleh karena itu, dosen-dosen perlu diberikan paparan informasi dan pelatihan penggunaan aplikasi Virtual Lab dan AR Fitokimia sebagai multimedia interaktif. Telah dilakukan dukungan pengetahuan terealisasi terkait dengan augmented reality dan wawasan gamifikasi. Kegiatan pengabdian masyarakat di bawah Program Kemitraan Masyarakat ini menitikberatkan pada transfer IPTEK dan keterampilan tim pengabdi dari Poltekkes Kemenkes Jakarta II kepada dosen-dosen pengampu mata kuliah Fitokimia sebanyak 20 orang sebagai peserta atau sasaran kegiatan. Metode yang digunakan adalah (1) sosialisasi materi dan booklet tutorial, (2)pelatihan/pendampingan dosen termasuk tanya jawab/diskusi dan simulasi/praktek, (3)monitoring dan evaluasi. Terdapat peningkatan pemahaman peserta/responden sebesar 36,48% yang bermakna secara signifikan. Sebagai bentuk tindak lanjut kegiatan adalah peserta melakukan sosialisasi/transfer IPTEK kepada mahasiswa di masing-masing prodi dan didokumentasikan sebagai bukti implementasi/pemanfaatan.


Keywords


Pemanfaatan; augmented reality; vokasi; dosen; fitokimia

Full Text:

PDF

References


K. Harto, “Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0,” J. Tatsqif, vol. 16, no. 1, pp. 1–15, 2018, doi: 10.20414/jtq.v16i1.159.

N. I. Putri, Y. Herdiana, Z. Munawar, and R. Komalasari, “Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19,” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 20, no. 1, pp. 53–57, 2021.

Z. Munawar, Y. Herdiana, Y. Suharya, and N. I. Putri, “Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Inf. Komun., vol. 8, no. 2, pp. 160–175, 2021.

P. Julius and F. Nagel, “Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1212.

K. S. Kuncoro et al., “Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19,” Abdi Wiralodra J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 17–34, 2022, doi: 10.31943/abdi.v4i1.50.

R. A. Putra, R. B. Putra, and H. Fitri, “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan,” J. Pengabdi. Masy. Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 8–17, 2022, doi: 10.35870/ jpmn.v2i2.661.

A. Putri, “Kesiapan Sumber Daya Manusia Kesehatan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” J. Medicoeticolegal dan Manaj. Rumah Sakit 10.18196/jmmr.2016, vol. 6, no. 1, pp. 55–60, 2017, doi: 10.18196/jmmr.6127.

A. N. S. R. Ce ha, Endang Prasetyaningsih, Iyan Bachtiar, “Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian M asyarakat): 131-138,” Penelit. dan Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 131–138, 2008.

J. S. Salsabilla and D. Indrawati, “Pengembangan Kartu Soal Berbasis Augmented Reality Materi Ciri-ciri Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar,” Jpgsd, vol. 10, no. 1, pp. 3630–3640, 2022.

N. Nursakti, Anaguna, “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ” J. Pengabdi. Masy. UNIPOL (Abdimas Unipol), vol. 1, no. 1, pp. 24–27, 2022.

A. Hariawan, H. Hermawan, and R. Waluyo, “Pelatihan Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru,” Madani Indones. J. Civ. Soc., vol. 2, no. 1, pp. 47–52, 2020, doi: 10.35970/madani.v2i1.107.

I. Pauzi et al., “Biocaster : Jurnal Kajian Biologi TRANSFORMASI KESEHATAN Program Studi Doktor Pendidikan IPA , Pascasarjana , Universitas Mataram , Indonesia Pascasarjana , Universitas Mataram , Indonesia Program Studi Pendidikan Biologi , FSTT , Universitas Pendidikan M,” vol. 2, no. 4, pp. 189–194, 2022.

Muchtarom and Y. A. Septiati, “Penerapan Standarisasi Pendidikan Dalam Tantangan Manajemen Pendidikan Vokasi Kesehatan Di Era Globalisasi,” J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 11949–11962, 2023.

B. Czerkawski and M. Berti, “Learning experience design for augmented reality,” Res. Learn. Technol., vol. 29, no. 1063519, pp. 1–12, 2021, doi: 10.25304/rlt.v29.2429.

H. Rachmi, R. Suryadithia, A. Hamid, and P. M. Basa, “Pengenalan dan Pelatihan Augmented Reality untuk Pemberdayaan Masyarakat Digital pada Komunitas Bogor Mengabdi,” JPKMI (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. Indones., vol. 3, no. 3, pp. 201–209, 2022, doi: 10.36596/jpkmi.v3i3.454.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ruth Elenora Kristanty



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statcounter

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :