Peningkatan Kapasitas Pengetahuan Teknologi Informasi Bagi Guru TKIT Mutiara Ilmu Lamandau

Faizal Widya Nugraha

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kapasitas pengetahuan teknologi informasi bagi guru TKIT Mutiara Ilmu Lamandau ini merupakan program yang digagas dalam rangka adaptasi dengan kemajuan zaman di era informasi ini. Dengan pesatnya kemajuan zaman, maka sektor Pendidikan diharuskan mampu menyesuaikan dengan perkembangan tersebut, sehingga peningkatan kapasitas pengetahuan merupakan solusi untuk permasalahan tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode pelatihan secara langsung mempraktikan ceramah yang disampaikan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukan nilai rata-rata aspek yang dinilai sebesar 94%. Nilai ini menujukan bahwa peserta pelatihan dari segi pembelajaran, pelaksanaan pelatihan, kepuasan, dan hasil dari pelatihan mendapatkan banyak manfaat dan pada tingkat sangat puas pada pelatihan yang diberikan. 


Keywords


Pendidikan, Teknologi Informasi, TKIT Mutiara Ilmu Lamandau

Full Text:

PDF

References


S. Marlina, “Pelatihan Penggunaan Media Berbasis Teknologi Untuk Guru Di Kabupaten Pangkaje ’ Ne Dan Kepulauan,” vol. 2, no. 4, pp. 220–230, 2022.

S. Suryani, A. Syam, and N. Nurdiansah, “PKM Pelatihan dan Pendampingan Implementasi TIK dalam,” J. SOLMA, vol. 11, no. 3, pp. 515–521, 2022.

S. Bahri, “Peningkatan Kapasitas Guru Di Era Digital Melalui Model Pembelajaran Inovatif Variatif,” Academicareview.Com, vol. 2, no. 4, pp. 93–102, 2021, [Online]. Available: https://academicareview.com/index.php/jh/article/view/58.

D. E. Myori, K. Chaniago, R. Hidayat, F. Eliza, and R. Fadli, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, p. 102, 2019, doi: 10.24036/jtev.v5i2.106832.

M. Ritonga, A. Lahmi, A. Rasyid, R. A. Bakar, and I. Sukri, “Meningkatkan Kapasitas Guru Pendidikan Agama,” vol. 4, pp. 1041–1048, 2021.

M. Rusli, E. Winarso, and D. Putri, “Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi,” ABDIMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 12–15, 2020, doi: 10.53008/abdimas.v1i1.22.

A. Vera et al., “Pelatihan pemanfaatan aplikasi microsoft office dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme bagi guru PAUD di PCA Mantrijeron,” no. September, pp. 711–718, 2019.

R. Y. Ariyana, E. Susanti, and E. K. Nurnawati, “Pelatihan Komputer Untuk Guru Taman Kanak-Kanak Se-Kota Yogyakarta,” J. Altifani Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 6–12, 2023, doi: 10.25008/altifani.v3i1.313.

S. Juanita, I. Novita, and M. Anif, “Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Paud Dengan Pelatihan Microsoft Powerpoint dan Access,” J. Komunitas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 5–11, 2022, doi: 10.31334/jks.v5i1.2307.

M. N. Zulfahmi, “Implementasi Pelatihan Pemanfaatan TIK Bagi Guru Sekolah Binaan KB Sya’roniyah Purwogondo,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 191–204, 2021, doi: 10.19105/kiddo.v2i2.5040.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faizal Widya Nugraha



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :