Strategi Komunikasi Dalam Pelayanan Masyarakat pada Anggota Kepolisian di Polres Klaten

Karis Widyatmoko, Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, Novita Kurnia Ningrum, Zahrotul Umami, Pulung Nurtantio Andono

Abstract


Keberadaan suatu organisasi atau institusi memiliki aspek yang perlu dicapai bersama seperti visi misi. Anggota organisasi perlu menyamakan persepsi dan langkah untuk mencapai tujuan bersama. Demikian juga dengan Polres Klaten sebagai institusi kepolisian membutuhkan adanya kesamaan persepsi dan tujuan dalam menjalankan tugas baik dalam internal kepolisian maupun eksternal untuk memberikan informasi dan melayani masyarakat. Untuk menjaga integritas Polres Klaten dalam menjalankan tugas dalam melayani masyarakat dibutuhkan adanya pengelolaan yang efektif baik sehingga visi misi institusi dapat terus dijalankan sehingga tujuan bersamaa intitusi dapat diwujudkan. Salah satu hal penting dalam pengelolaan institusi adalah bagaiamana komunikasi dapat dijalankan secara baik, informasi dapat tersampaikan dengan utuh pada seluruh anggota polisi di Polres Klaten. Oleh karena itu dibutuhkan adanya strategi komunikasi yang tepat agar masalah yang disebabkann adanya penyampaian informasi yang buruk dapat diminimalisir. Dengan menerapkan strategi komunikasi yang tepat diharapkan Polres Klaten diharapkan dapat mengantisipasi konflik internal anggota maupun eksternal dalam melayani masyarakat. Dengan demikian fungsi dan tugas dari masing masing lapisan jabatan dapat terlaksana dengan baik sehingga tujuan bersama di Polres Klaten dapat tercapai.


Keywords


strategi komunikasi, komunikasi, Polres Klaten, organisasi, ilmu komunikas

Full Text:

PDF

References


Sukarji, “PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI,” KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA, 2017. [Online]. Available: https://ppsdmaparatur.esdm.go.id/artikel/peran-komunikasi- dalam-organisasi.

N. Vadillah, “STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM WEBSITE LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DI KOTA MAKASSAR,” Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, 2021.

A. Lianjani, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA TANGERANG SELATAN DALAM MENGKOMUNIKASIKAN SOSIALISASI SMART CITY,” universitas Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2018.

M. Andre, “STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PARKOUR BANJARMASIN UNTUK MENARIK MINAT ANGGOTA BARU,” Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, 2019.

P. A. Utami, “STRATEGI KOMUNIKASI PERATIN PADA MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN GOTONG ROYONG D PEKON PAGAR DEWA KEC. SUKAU KAB. LAMPUNG BARAT,” Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung, Lampung,

K. Yusuf dan L. Anggraeni, “STRATEGI KOMUNIKASI PADA PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PARAMADINA,” Universitas Paramadina, Jakarta, 2022.

B. E. Sasih, “STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA YANG EFEKTIF DI KANTOR CAMAT LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT,” universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram, 2022.

Y. A. Syahputra, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA PT.RAJA GRAFINDO PERSADA,” Fakultas Sosial dan Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v6i3.1618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Karis Widyatmoko



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :