Komunikasi Persuasif Dalam Peningkatkan Partisipasi Warga RT.10 Kaliabang Tengah Untuk Mendukung Program Bank Sampah

Andrea Shefira, Damar Rama, Ilham Herlambang, Ovi Indra, Rina Fitriastuti, Hamida Syari harahap

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga RT.10 Kaliabang Tengah terhadap Bank Sampah. Masalah yang kami temukan yakni kurangnya kesadaran warga dalam menjalankan kegiatan Bank Sampah, dapat dilihat dari jumlah partisipan Bank Sampah yang tidak mengalami peningkatan. Melalui pendekatan komunikasi persuasif kami mencoba untuk miningkatkan kesadaran warga RT.10 Kaliabang Tengah terhadap kegiatan Bank Sampah. Metode pelaksananaan yang kami lakukan yaitu observasi dan wawancara, penyusunan materi, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi kegiatan. Hasil yang kami dapatkan dari penelitian ini yaitu bahwa komunikasi persuasif dapat meningkatkan kesadaran warga dan mengajak warga untuk berpartisipasi dalam mendukung program Bank Sampah. Terbukti dari peningkatan kehadiran partisipan saat kegiatan sosialisasi dilaksanakan mengalami peningkatan sebesar 50%.


Keywords


komunikasi persuasif, patisipasi, program bank sampah

Full Text:

PDF

References


Tchobanoglous, G., Teisen H., Eliasen, R, 1993, Integrated Solid Waste Management, Mc.Graw Hill, Kogakusha, Ltd.

Admin Simba, “Penghargaan Bank Sampah Terbaik Tahun 2023.” Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia, https://simba.menlhk.go.id/portal/berita/detail/berita-9-v_berita, diakses pada 15 Agustus 2023.

Harahap, H. S., & Dewi, N. K. (2023). Pelatihan Keterampilan Menjual Bagi Pelaku Usaha UMKM Perempuan FKRW Teluk Pucung, Bekasi. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2), 303-308.

Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Siregar, N., Nursyamsi, S. E., & Junengsih, J. (2022). Teknik Komuniksi Persuasif Pengurus KABASA Dalam Mengajak Anak Jalanan Untuk Belajar. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(3), 303-310.

Morissan, Manajemen Public Relations, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008), 63.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.1695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hamida Syari harahap



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :