Branding Produk UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing dan Nilai Jual

Ismadiyanti Purwaning Astuti, Bayu Wijaya Kusuma

Abstract


UMKM menjadi salah satu usaha penopang ekonomi masyarakat Indonesia. Salah satu usaha yang bertahan dimasa pandemi bahkan berkembang dengan pesat adalah usaha pengrajin sangkar burung. Tidak hanya berkembang tetapi jumlah pengrajin semakin banyak karena dampak pemutusan hubungan kerja yang dilakukan oleh beberapa perusahaan di Klaten  Banyaknya pengrajin sangkar burung yang ada di Klaten menjadikan D’Anto Craft harus melakukan branding terhadap produk yang diproduksi. Permasalahan pertama yang dihadapi mitra pengabdian kepada masyarakat yaitu D’Anto Craft belum melakukan branding terhadap sangkar burung yang dihasilkan dan  belum melakukan branding komunikasi terhadap produk yang telah dihasilkan.  Metode yang digunakan adalah pendampingan mengenai branding produk yang dihasilkan mitra dengan pembuatan desain dan logo dan pendampingan branding komunikasi dengan pembuatan dan cetak banner. Tujuan kegiatan ini membranding produk untuk meningkatkan daya saing nilai jual sangkar burung produksi D’Anto Craft melalui pembuatan logo dan banner. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan harga jual produk dan memperluas pasar sehingga berdampak positif pada peningkatan pendapatan dan keuntungan usaha D’Anto Craft.


Keywords


branding, UMKM, Sangkar Burung

Full Text:

PDF

References


Narmaditya, B. S., Sugiarto, N. S., Khoiriah, A. A., Anggraini, F. S., Dewi, H. M. T., & Agustina, Y. ,2022, Implementasi Branding Produk UMKM Desa Tumpakrejo Guna Meningkatkan Nilai Jual Produk, Jurnal KARINOV, 5(2), 91-95

Keller, Kevin Lane and Kotler, P, 2022, Branding in B2B Firms, Edward Elgar Publishing.

Tanuatmadja, Y., Swandi, I. W., & Raditya, A, 2014, Perancangan Branding ” Marilyn ’ s Cake ” Surabaya Abstrak Pendahuluan Metode Penelitian, Perancangan Branding ”Marilyn’s Cake” Surabaya, 12(1(4)), 1–12.

Yolanda, Y., Pujaseno, G., Damanik, V. P., Yasmen, A. H. R., & Sofya, R. (2019). Pemuda (Pengembangan Mitra Umkm Daerah Lunang Dua ) Strategi Penguatan Branding Produk, Jurnal Ecogen, 2(2), 141.

Belabas, W., Eshuis, J., & Scholten, P, 2020, Re-imagining the city: branding migration-related diversity, European Planning Studies, 28(7), 1315–1332.

Sianturi, N. E, 2018, Perancangan Desain Logo Toko “Super Bakery” Dan Pengaplikasiannya. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 4(1), 80–92.

Januariyansah Sapitri, 2019, Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif dan Efisien,Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Oscario, A, 2013, Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand, Humaniora, 4(1), 191.

Gautama, I. M. B., & Putri, D. R, 2019, Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai, Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 14–20.

Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F, 2023, Strategi Peningkatan Penjualan melalui Desain Label Kemasan dan Banner pada UMKM Surya Makmur, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 812–817.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ismadiyanti Purwaning Astuti



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :