PENGEMBANGAN PUBLIC SPEAKING BAGI PENGURUS OSIS DI SMPN 30 SEMARANG

Devi Purnamasari, Mutia Pratiwi, Naiza Rosalia

Abstract


Pengabdian Masyarakat tentang Pengembangan Kemampuan Pengurus OSIS dalam bidang Public Speaking di SMPN 30 Semarang bertujuan untuk meningkatkan keberanian siswa dalam menyampaikan gagasan dan soft skill berkaitan dengan penempatan diri dalam situasi tertentu. Pada pengabdian ini dipilih pengurus OSIS Sekolah dan beberapa perwakilan kelas karena berdasarkan observasi di lapangan, beberapa siswa seringkali merasa kurang percaya diri dalam menyampaikan gagasan mereka, masih merasa gugup ketika harus maju di hadapan orang baru saat harus menyelenggarakan event  dan belum memahami mengenai teknik-teknik dasar dalam public speaking. Sedangkan kemampuan public speaking merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada siswa terutama ketika mereka menjabat sebagai pengurus OSIS di sekolah. Kemampuan public speaking selain melatih seni berbicara di depan umum, juga dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berani tampil didepan umum sehingga meningkatkan daya saing mereka diantara teman-teman sebayanya. Keterampilan public speaking diperhitungkan ketika siswa berada dalam suatu organisasi, mereka dapat menyampaikan gagasan/ide di depan umum dengan baik.

 

 


Keywords


Kata Kunci : Public speaking, Seni berbicara, Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Bewes, Richard. 2010. Effective Public Speaking. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia

Nikita, Arina. 2011. Successful Public Speaking. Bookboon.com

Sirait , Charles Bonar. 2007. The Power Of Public Relation : Kiat Sukses Berbicara di Depan Publik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Devi Purnamasari, Mutia Pratiwi, Naiza Rosalia



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :