Peningkatan Kemampuan Belajar Muatan Lokal Siswa Melalui Aplikasi Pengenalan Wayang

Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, Christy Atika Sari, Ajib Susanto, Eko Hari Rachmawanto

Abstract


Pengenalan tokoh wayang merupkan slaah satu diantara materi pemeblajaran dalam matapelajaran muatan lokal, yaitu bahasa jawa. Matapelajaran bahasa jawa tidak hanya mengenalkan tata tutur bahasa namun perilaku atau pitutur jawa, khususnya wayang. Berdasarkan wawancara dengan mitra yaitu SMK Muhammadiyah Purwodadi di Kabupaten Purworejo, pembelajaran bahasa jawa diketahui masih cukup sulit, membosankan, dan perlu  pembaruan metode belajar sehingga siswa lebih termotivasi. Di sisi lain, etika dan perlaku siswa dapat di arahkan seperti tingkah laku dan pitutur jawa, khususnya yang telah di contohkan oleh tokoh pewayangan sebagai leluhur jawa. Dalam pengabdian ini, motivasi belajar siswa diharapkan naik serta kemudahan dalam pemelajaran dapat di capai melalui pemanfaatan aplikasi pengenalan tokoh wayang. Aplikasi ini merupkaan aplikasi android dengan lebih dari puluhan tokoh wayang sehingga akan menjadi kamus kecil dalam materi pewayanganm serta dapat menjadi bahan evaluasi untuk melatih memori otak siswa. Tampilan aplikasi sudah disesuaikan dengan kurikulum KTSP. Hasil performa aplikasi yaitu 87,5%, sedangkan uji responden menghasilkan 92,2% pada perhitungan skala likert.


Keywords


aplikasi; android; wayang; citra

Full Text:

PDF

References


S. Transkripsi and P. Tahun, “ESENSI DAKWAH WAYANG KULIT BANJAR DALANG IDERUS,” J. SMaRT, vol. 1, no. 2, pp. 231–243, 2015.

E. A. Anggraini, “PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING BERBANTUAN BONEKA WAYANG Pendahuluan pilar Pendidikan yang paling merupakan utama dalam suatu Menengah yang menyatakan bahwa dalam prose,” Junral Pendidik. Dasar Perkahasa, vol. 5, no. April, pp. 244–256, 2019.

T. Purwaningsih, T. Nurhikmat, and P. B. Utami, “Image classification of Golek puppet images using convolutional neural networks algorithm,” Int. J. Adv. Soft Comput. its Appl., vol. 11, no. 1, pp. 34–45, 2019.

A. S. Pairunan, Darsikin, and S. Saehana, “ The development of Wayang Golek Video as physics learning media in the concept of light ,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1760, p. 012046, 2021.

Y. D. Krisphianti, N. Hidayah, and M. Irtadji, “Efektivitas Teknik Storytelling Menggunakan Media Wayang Topeng Malang untuk Meningkatkan Karakter Fairness Siswa Sekolah Dasar,” PSIKOPEDAGOGIA J. Bimbing. dan Konseling, vol. 5, no. 1, p. 17, 2016.

T. Dahyat, D. Budimansyah, and ..., “the Power of Wayang Golek (Puppet Show) in Character Education in School,” PalArch’s J. Archeol. Egyp/Eqyptology, vol. 17, no. 4, pp. 1268–1280, 2020.

T. NOSA KUSUMANTIKA and S. MAS, “Penggunaan Media Wayang Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ips Kelas Iv Di Sdn Tulangan I,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 13, pp. 2336–2347, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ibnu Utomo Wahyu Mulyono, Christy Atika Sari, Ajib Susanto, Eko Hari Rachmawanto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :