Pendampingan Pembuatan Konten Media Berbasis Seo Terkait Informasi Lingkungan di Kampung Iklim Purwokeling Semarang

Heni Indrayani, Mukaromah Mukaromah, Swita Amallia Hapsari

Abstract


Kepedulian lingkungan menjadi nilai yang digerakkan di wilayah RW X Program Kampung Iklim Bhakti Persada Indah Semarang. Di wilayah ini pernah terjadi terjadi kebakaran lereng sisi utara RT 05 dan RT 09 pada tahun 2008 dan 2015 sehingga warga aktif melakukan beragam program lingkungan yang dikemas dalam Program Iklim Purwoyoso Kepedulian Lingkungan. Kepedulian lingkungan inilah yang menjadi konten publikasi agar dapat dicontoh wilayah lainnya. Namun, publikasi kegiatan hingga Maret 2020 masih berfokus pada publikasi media cetak saja sehingga jangkauannya kurang luas. Sedangkan publikasi secara online masih belum optimal dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan pemanfaatan SEO sebagai komunikasi online Program Kampung Iklim Bhakti Persada Indah Semarang. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah penulisan release untuk berita online yang berdasarkan cara mengoptimalkan kata kunci di mesin pencari. SEO memungkinkan konten lingkungan dari Proklim Purwokeling sebagai publikasi online muncul di daftar hasil teratas mesin pencari. Pelatihan untuk memanfaatkan SEO sebagai komunikasi online Program Kampung Iklim Purwokeling Bhakti Persada Indah Semarang dengan membuat konten yang menarik dan tepat bisa semakin menarik masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan dan menginspirasi melakukan hal yang sama demi keberlanjutan ekosistem.

Kata kunci: Pelatihan penulisan online, Program Kampung Iklim, Proklim Purwokeling BPI, Search Engine Optimization (SEO)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heni Indrayani, Mukaromah, Swita Amallia Hapsari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :