Optimasi Promosi Produk Menggunakan Media Sosial pada UMKM Binaan PKKP Kabupaten Blora

Candra Irawan, Eko Hari Rachmawanto, Ajib Susanto, Christy Atika Sari

Abstract


Saat ini produk UMKM yang dihasilkan oleh kelompok usaha atau industry rumah tangga belum dikenal oleh calon pembeli atau pelanggan yang ada di luar daerahnya dikarenakan promosi yang dilakukan hanya dari cerita orang ke orang lain. Beberapa pelaku sudah menggunakan grup-grup di apalikasi chating, media sosial dan jejaring sosial akan tetapi hanya dilakukan tidak rutin dan belum menggunakan cara yang efektif dalam melakukan promosi dan penjualan. Kendala lain yang dihadapi adalah desain kemasan yang dibuat belum mencirikan produk yang dijual dan belum memberikan informasi yang detail tentang produknya sehingga mengurangi daya tarik pembeli. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan internet marketing dan design packaging untuk UMKM Binaan PKKP Kabupaten Blora sehingga dapat membuat desain kemasan dan melakukan pemasaran online melalui media sosial dan jejaring sosial.


Keywords


UMKM, Blora, media sosial, jejaring sosial

Full Text:

PDF

References


Rachmawati Rachmawati, "Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Pesanan Oleh-Oleh Nusantara (Pesona) PT Tiki JNE Melalui Media Sosial Instagram (Studi Analisis Deskriptif).," Jakarta, 2018.

Ajib Susanto and Ibnu Utomo W Mulyono, "Rekayasa E-Market Untuk Kelompok Usaha Pemuda Binaan Dinas Pemuda Dan Olahraga Propinsi Jawa Tengah Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan Produk UMKM," in Prosiding SNATIF, Kudus, 2014, pp. 251-258.

Arif Rahman Iik and Redi Panuju, "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FAIR N PINK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM," Jurnal Wacana, pp. 214-224, 2017.

Ajib Susanto, Christy Atika Sari, Eko Hari Rachmawanto, and Ibnu Utomo W Mulyono, "Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online," ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, pp. 42-51, 2020.

Bayu Ardi Isnanto. (2019, Juli) Detik News. [Online]. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4611356/daya-tawar-rendah-umkm-di-jateng-didorong-bentuk-koperasi

Novi Tri Hariyanti and Alexander Wirapraja, "Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur)," Eksekutif, pp. 133-146, 2018.

Ajib Susanto, Wijanarto Wijanarto, Ibnu Utomo W Mulyono, Imam Imam, and Erwin Erwin, "REKAYASA M-MARKET (MOBILE MARKET) UNTUK KELOMPOK USAHA PEMUDA BINAAN DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA PROPINSI JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM," Techno. Com, pp. 8-15, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Candra Irawan, Eko Hari Rachmawanto, Ajib Susanto, Christy Atika Sari



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :