Implementasi Alat Filtrasi Air Untuk Pondok Pesantren Manbaul Ulum Indramayu

Leo Van Gunawan, Mohammad Azwar Amat, Emin Haris, Abdul Rohmat, Ceba Muhamad Ar-Rasyid

Abstract


Indramayu terletak di utara jawa. Selain pengasil ikan dan mangga, Indramayu merupakan lumbung padi nasional. Hal tersebut dapat berdampak pada kualitas air nya. Lokasi yang terdampak air keruh adalah Pondok Pesantren Manbaul Ulum Indramayu. Untuk mengatasi masalah tersebut dan mengurangi limbah sekam padi di Indramayu maka timbulah ide untuk membuat karbon aktif dari sekam padi untuk filtrasi air. Sekam padi dipanaskan 100oC dalam oven selama 1 jam. Proses dehidrasi ini dilakukan agar pembuatan karbon lebih mudah. Selanjutnya sekam padi dilakukan pembakaran 300oC sampai terbentuk arang. Kemudian karbon tersebut dipanaskan di dalam furnace dengan suhu 750oC selama 3 jam untuk proses aktivasi karbon. Setelah itu karbon dari sekam padi dimasukan ke dalam alat filtrasi air bersama dengan pasir silika dan zeolite untuk meningkatkan daya serap filtrasi air. Hasil dari pengujian air secara fisika, kimia dan bakteriologi di dapatkan penurunan kadar pencemar sesudah dipasang alat filtrasi air.

Keywords


Filtration; Water; Carbon; Rice

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pekerjaan Umum., 2010, Standar Pelayanan Minimal Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Nomor: 14/ PRT/M/2010, Kementerian Pekerjaan Umum RI, Jakarta.

Van Herling, V.N., 2020, Analisis Volume Air Tawar Yang Dihasilkan Dari Variasi Jarak Antara Lensa Pada Alat Penyulingan Air Laut, Journal Soscied, No. 1, Vol. 3.

Yaqin, R. I., Ziliwu, B. W., Demeianto, B., Siahaan, J. P., Priharanto, Y. E., Musa, I., 2020, Rancang Bangun Alat Penjernih Air Portable Untuk Persediaan Air di Kota Dumai. Jurnal Teknologi, No. 2, Vol. 12, 107-116.

Afifah, N., Yogafanny, E., dan Sungkowo, A., 2019, Pengolahan Air Payau Dengan Filter Zeolit dan Bentonit. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, No. 2, Vol. 11, 122-131.

Mugiyantoro, A., Rekinagara, I. H., Primaristi, C. D., Soesilo, J., 2017, Penggunaan Bahan Alam Zeolit, Pasir Silika, dan Arang Aktif Dengan Kombinasi Teknik Shower Dalam Filtrasi Fe, Mn dan Mg Pada Air Tanah di UPN Veteran Yogyakarta. Proceeding Seminar Nasional Kebumian ke 10 Tahun 2017.

Gunawan, L. V., Ghozali, M., Amat, M. A., Sukroni, Sukarno, N. A., 2023, Pelatihan Pengelasan SMAW Untuk Siswa Jurusan TKRO SMK Mandiri Cirebon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Nadimas), No. 1, Vol. 2, 61-69.

Purwanti, E., Ramdani, D., Rahmadewi, R., Nugraha, B., Efelina, V., Dampang, S., 2021, Sosialisasi Manfaat Karbon Aktif Sebagai Media Filtrasi Air Guna Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Air Bersih di SMK PGRI Cikampek. Selaparang (Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan), No. 2, Vol. 4, 381-386.

Imani, A., Sukwika, T., dan Febrina, L., 2021, Karbon Aktif Ampas Tebu Sebagai Adsorben Penurun Kadar Besi dan Mangan Limbah Air Asam Tambang. Jurnal Teknologi Universitas Muhammadiyah Jakarta., No. 1, Vol. 13, 33-42.

Lutfia, Z. L., dan Nurhayati, I., 2022, Karbon Aktif Kulit Singkong Sebagai Media Filtrasi Untuk Menurunkan Bakteri E.Coli dan Kesadahan Air Sumur. Jurnal Teknik WAKTU, No. 1, Vol. 20, 1-11.

Selintung, M., dan Syahrir, S., 2012, Studi Pengolahan Air Melalui Media Filter Pasir Kuarsa (Studi Kasus Sungai Malimpung). Prosiding Fakultas Teknik UNHAS Vol. 6 Tahun 2012.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Leo Van Gunawan



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :