Pemanfaatan ChatGPT Sebagai Media Pembelajaran Inovatif di SMKN 1 Tuban

Sayyidul Aulia Alamsyah, Pradini Puspitaningayu, Bambang Suprianto, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Dewasa ini perkembangan teknologi sangatlah masif terjadi. Dunia pendidikan tidak luput terkena dampak dari kemajuan dan perkembangan teknologi ini. Kemajuan teknologi ini membuka potensi-potensi sumber pembelajaran lain dan tidak hanya terpusat pada guru saja. Perkembangan teknologi yang sangat cepat ini memaksakan pembelajaran mengenai literasi digital menjadi suatu kewajiban, termasuk bagi siswa SMK. Penguasaan literasi digital akan membantu siswa SMK untuk memahami dan mengoperasikan teknologi dengan baik. Salah satu perkembangan teknologi yang sedang banyak diperbincangkan adalah ChatGPT. ChatGPT jika digunakan dengan tepat dapat membantu siswa dalam mengakses informasi, menjawab pertanyaan, dan memecahkan masalah yang terkait dengan pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi siswa SMK untuk meningkatkan literasi digital mereka agar dapat memahami dan menimbang segala penggunaan teknologi yang sedang sangat berkembang. Dalam rangka mewujudkan peran serta UNESA untuk meningkatkan kualitas literasi digital, maka PKM dengan tema literasi digital dilakukan. Dengan memperhatikan permasalahan mitra mengenai dampak negatif perkambangan teknologi, termasuk chatGPT, maka PKM akan diadakan dengan format seminar. Seminar yang dilakukan berisi materi mengenai literasi digital, Artificial Intelligence, dan ChatGPT. Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini telah memberikan kontribusi dalam meningkatkan pendekatan pembelajaran. Penggunaan teknologi terkini ini membuka pintu untuk pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan relevan dengan siswa.

Keywords


Literasi digital; Artificial Intelligence; ChatGPT

Full Text:

PDF

References


A. Faiz and I. Kurniawaty, Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral, vol. 5, no. 1, 2023.

N. F. Fauzi, ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA SMK, vol. 4, no. 1, 2022.

Q. Q. Ayuni, LITERASI DIGITAL REMAJA DI KOTA SURABAYA.

A. Setiawan and U. K. Luthfiyani, Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis, jurnalpetisi, vol. 4, no. 1, pp. 4958, Feb. 2023, doi: 10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680.

E. Kasneci et al., ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education, Learning and Individual Differences, vol. 103, p. 102274, Apr. 2023, doi: 10.1016/j.lindif.2023.102274.

D. Baidoo-Anu and L. Owusu Ansah, Education in the Era of Generative Artificial Intelligence (AI): Understanding the Potential Benefits of ChatGPT in Promoting Teaching and Learning, SSRN Journal, 2023, doi: 10.2139/ssrn.4337484.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.1968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sayyidul Aulia Alamsyah, Pradini Puspitaningayu, Bambang Suprianto, Nurhayati Nurhayati



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :