Model Pemberdayaan Literasi Tuberculosis Pada Siswa di SD N Tanjungmas

Aprianti Aprianti, Kismi Mubarokah

Abstract


Puskesmas Bandarharjo adalah puskesmas dengan jumlah kasus tuberculosis yang tinggi di Kota Semarang.Ttahun 2017 jumlah kasus tuberculosis pada anak sebanyak 9 kasus. Kelurahan Tangjung mas memiliki kadatan hunian yang tinggi dan terdapat keluarga miskin paling banyak yaitu 153 KK. Kondisi miskin dipengaruhi oleh tingkat pendapatan masyarakat. Pekerjaan paling banyak Tanjung Mas adalah buruh pabrik. Kondisi tersebut meningkat risiko terjadinya kasus tuberculosis khususnya tuberculosis pada anak. Anak merupakan tahapan dengan tugas perkembangannya adalah mendapatkan pendidikan, sehingga waktu produktif bagi anak paling banyak dilakukan di sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif dan efisien untuk melakukan pemberdayaan literasi tuberkulosis pada anak. Oleh karena itu pemberdayan yang akan dilakukan terfokuskan pada pembuatan model pemberdayaan literasi tuberculosis pada anak di SD N Tanjungmas. Luaran yang didapatkan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini pengetahuan guru meningkat dengan efektifitas program, sedang dengan nilai gain score 0,69. Flipchart TAGAR (Tuberculosis tingkat dasar) didistribusikan sebanyak 20 buah untuk seluruh guru dan arsip sekolah, siswa sangat antusias mengikut lomba mewarnai dengan tema pesan pencegahan tuberculosis sebanyak 40 pot telah terwarnai. Diharapkan dengan guru dan siswa yang teredukasi dapat menurunkan kasus tuberculosis, segera mendapatkan pengobatan serta meningkatkan perilaku pencegahan tuberculosis.

Keywords


Literasi Tuberculosis, Siswa Sekolah Dasar, Edukasi

Full Text:

PDF

References


DKK Kota Semarang.Profil Kesehatan Kota Semarang tahun 2018.Pusat data Kesehatan Kota Semarang.Semarang. 2018

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2018. Pusat data Kesehatan Kemenkes RI.Indonesia. 2018

Kemenkes RI. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI

Tuberkulosis.Infodatin. Indonesia.2018

Kemenkes R1. Berita Menteri Kesehatan Sampaikan Agenda SDGs pada

Rakernas 2016. diunduh pada 16 oktober

http://www.depkes.go.id/article/view/16040400006/menkessampaikan-agenda-sdgs-dalam-rakerkesnas-2016.html

Nadia, 2012, Hubungan pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah terhadap perilkau hidup bersih dan sehat pada siswa SDN 13 Seberang Padang Utara, Universitas Andalas (Skripsi).

Notoadmojo, Soekidjo. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.Rineka Cipta, Jakarta.2006

Noviarisa Nurul, Finny Fitry Yani, dan Darfious Basir.Tren Kasus Tuberkulosis

Anak di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2014-2016. Jurnal Kesehatan Andalas. 2019; 8(Supplement 1).2019

Deviar Anggina May ,Budiyono,Mursid Rahardjo. Indeks Kesehatan Lingkungan di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo. Jurnal Kesehatan Masyarakat.Volume 4, Nomor 4, Oktober.2016

Yustikarini Kamalia dan Magdalena Sidhartani. Faktor Risiko Sakit Tuberkulosis pada Anak yang Terinfeksi Mycobacterium Tuberculosis. Jurnal Sari Pediatri.Vol. 17, No. 2.2015

Wirawan, Sarwono S. Psikologi Remaja. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1997




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Apriant, Kismi Mubarokah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :