IbM Pemberdayaan Kader Dalam Mengelola Taman Obat Keluarga Melalui Komposting

Eko Hartini, Kismi Mubarokah, Eni Mahawati

Abstract


Pengelolaan Taman Obat Keluarga (TOGA) di Kelurahan Krobokan, dilakukan oleh masing-masing RW atau RT dan belum maksimal. Permasalahan yang terjadi pada saat musim kemarau panjang tanaman tampak kering, sedangkan saat musim penghujan tumbuh tanaman-tanaman gulma. Selama ini saat melakukan bersih-bersih sampahn dedaunam hanya ditimbun di tempat sampah, kemudian diangkut ke Tempat Sampah Sementara (TPS) atau malah terkadang dibakar. Kondisi ini dapat menyebabkan pencemaran udara. Tanaman yang ditanam juga belum memberikan hasil dengan baik, karena tidak dilakukan pemupukan dikarenakan mahalnya harga pupuk. Solusi yang ditawarkan adalah mengolah sampah daun dengan menggunakan tong “Komposter” modifikasi. Keunggulan dari tong ini adalah selain menghasilkan kompos, juga akan diperoleh produk lain berupa pupuk cair dan biogas. Kegiatan Pemberdayaan kader dalam mengelola TOGA diikuti oleh 26 orang. Pengetahuan kader tentang komposting dan TOGA adalah sangat baik, kader memiliki sikap yang positif dan mendukung. Kader dapat melakukan komposting menggunakan tong komposter ini dengan baik. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah diperlukan pendampingan sampai produk kompos matang dan diaplikasikan pada tanaman obat keluarga. 


Keywords


taman obat keluarga, komposter, kader

Full Text:

PDF

References


Heru Santoso. 2015. Indonesia Bebas Sampah 2020. Jakarta: Penerbit Mandiri.

Ida Diana Sari, Yuyun Yuniar, Selma Siahaan, Riswati, Muhamad Syaripuddin. 2015. Tradisi Masyarakat dalam Penanaman dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Lekat di Pekarangan. Jurnal Kefarmasian Indonesia. 2015;5(2):123-132

Indriani Yovita Hety. 2010. Membuat Kompos Secara Kilat. Jakarta: Penebar Swadaya

Riset Kesehatan Dasar, 2010. Badan Litbangkes Kemenkes RI

Yuwono Dipo. 2005. Kompos. Jakarta: Penebar Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Eko Hartini



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696,e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan olehLPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensiCreative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ABDIMASKU terindeks di :