IbM Pengembangan Promosi Kampung Bandeng di Kelurahan Krobokan Semarang melalui Video Animasi Stopmotion

Ristia Kadiasti, Thesa Resi Shila Utami, Teguh Hartono Patrianto

Abstract


Kebutuhan Promosi bagi UKM menjadi sebuah kebutuhan ditengah pesatnya persaingan perdagangan dan maraknya promosi melalui sosial media. Industri kuliner menjadi salah satu industri yang membutuhkan promosi seperti salah satunya di desa Krobokan yang ditunjuk sebagai kampung tematik Bandeng. Beberapa UKM Bandeng di desa Krobokan mengeluhkan kesulitan mereka untuk mempromosikan produk mereka dan bersaing dengan produk Bandeng yang sudah memiliki jumlah konsumen yang jauh lebih besar. Dalam usaha promosi sendiri, UKM di desa Krobokan hanya mengandalkan penyebaran leaflet dan pameran secara offline dibutuhkan adanya promosi secara online untuk memperluas informasi seperti pembuatan video yang bisa diunggah ke sosial media. Oleh karena itu, pembuatan video animasi stopmotion cut out merupakan hal yang tepat disamping karena media yang digunakan untuk animasi cutout  dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari, video tersebut dapat diunggah ke beberapa produk sosial media dan fleksibilitas video untuk dapat disebarkan dengan mudah. Keterlibatan warga khususnya pemuda di desa Krobokan dalam membuat media promosi sangat memiliki andil dikarenakan pemuda tersebut sangat mengenal alur sosial media dan cara menggunakannya. Hal itu mempermudah penyebaran informasi tentang keberadaan desa Krobokan sebagai desa yang memiliki sentra industri bandeng yang berakibat semakin banyak yang mengenal desa Krobokan sebagai salah satu sentra bandeng unggul di Semarang


Keywords


Stopmotion, Video Animasi, Media Promosi, Kampung Bandeng

Full Text:

PDF

References


Hammond, Kathy, 2007, Strategic Versus Tactical Nature of Sales Promotions, Journal of Marketing Communications, London, June 14

Khan, Matin. 2006, Consumer Behaviour and Advertising Management, New Age International, New Delhi

Sugiyama, Kotaro, Andree, Tim. 2011, The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from the World’s Most Innovative Advertising Agency, McGraw Hill Professional, New York, United States

Vilanilam, JV., A.K. Varghese, 2004, Advertising Basic! A Resource Guide for Beginners. Response Books, New Delhi




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i1.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ristia Kadiasti, Thesa Resi Sila Utami, Teguh Hartono Patrianto



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :