Peningkatan Produktifitas UKM Brambang Goreng Berkah Arsetyaji melalui Penerapan Mesin Pengiris Bawang

Heri Yudiono, Sudiyono Sudiyono, Ari Dwi Nur Indriawan Musyono, C. Tri Widiastuti, Alvero Pratama Widodo, Ardiles Nugroho, Zainul Islah

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu menyelesaikan permasalahan produktifitas yang muncul dari mitra usaha UKM Brambang Goreng Berkah Arsetyaji di Kelurahan Mlatiharjo Semarang. Mitra usaha yang akan menjadi sasaran kegiatan pengabdian ini adalah mitra usaha kecil yang memproduksi olahan makanan bawang merah goreng. Mitra usaha mempunyai permasalahan proses produksi yaitu pemotongan/pengirisan bawang merah yang membutuhkan waktu lama dan ukuran ketebalan yang tidak seragam. Luaran yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah menerapkan alat teknologi tepat guna mesin pengiris bawang merah yang lebih efisien dengan konsumsi daya yang sesuai dengan pasokan listrik rumah tangga 200 Watt, sehingga nantinya hasil proses produksi meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas produk olahan. Hasil kegiatan diharapkan mitra usaha mampu meningkatkan kuantitas maupun kualitas dari produk hasil olahan bawang merah goreng. Dengan meningkatnya kuantitas maupun kualitas produk dari usaha kecil tersebut, secara tidak langsung mampu meningkatkan produksi sekaligus meningkakan pendapatan dan kesejahteraan bagi mitra usaha bawang merah goreng.

Keywords


Produktifitas, Bawang Merah, Brambang Goreng, Mesin Pengiris

Full Text:

PDF

References


Hendrawan, Y., Susilo, B., Krakuko, R. N. 2018. Pengaruh Suhu dan Ketebalan Irisan Bawang Merah Terhadap Mutu Fisik dan Kimia Bawang Goreng dengan Menggunakan Vakum Frying. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. Vol. 6 No. 3, November 2018, 272-277.

Harsokusoemo, Dharmawan. 1999. Pengantar Perancangan Teknik (Perancangan Produk). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Fitzgerald, A.E., Charles Kingsley, Jr. dan Stephen D. Umans. 1992. Mesin-Mesin Listrik. Penerjemah: Djoko Achyanto. Jakarta: Erlangga.

Schometz, dkk. 1985. Pengerjaan Logam dengan Mesin. Bandung: Angkasa.

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal, Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sularso dan Suga, K. 2013. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin (11th ed.). PT Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Heri Yudiono, Sudiyono Sudiyono, Ari Dwi Nur Indriawan Musyono, C. Tri Widiastuti, Alvero Pratama Widodo, Ardiles Nugroho, Zainul Islah



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :