Pelatihan Customer Relation Management Skill pada Usaha Bakso Masyarakat Bluru Kidul Sidoarjo

Ardika Nurmawati, Erwan Adi Saputro, Andre Yusuf Trisna Putra, Wiliandi Saputro

Abstract


Usaha bakso adalah usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat Bluru Kidul, Sidoarjo. Usaha bakso yang ditekuni oleh masyarakat hanya berfokus pada penjualan produk bakso semata seperti pengusaha bakso pada umumnya. Perihal mendirikan usaha, keberlangsungan dari suatu usaha juga dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti faktor pembangunan hubungan dengan konsumen. Pembangunan hubungan dengan konsumen merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap pengusaha agar bisa mendapatkan loyalitas dari konsumen serta menjaga keberlanjutan suatu usaha. Sementara itu, tidak banyak pengusaha bakso di daerah Bluru Kidul yang menerapkan pembangunan hubungan dengan konsumen dalam usaha baksonya. Dengan demikian, diperlukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Bluru Kidul yang berprofesi sebagai pengusaha bakso untuk menginisiasi proses pembangunan hubungan dengan konsumen pada usahanya. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan, didapatkan informasi bahwa dalam membangun hubungan dengan konsumen, para pengusaha bakso memiliki kendala internal burupa adanya gap usia dengan konsumen, kurangnya nilai pembeda produk bakso dan kurangnya kemampuan berkomunikasi. Kendala tersebut dapat diatasi dengan berani memulai menerapkan materi yang sudah dibagikan, melihat kearifan lokal masyarakat setempat dan berlatih public speaking dari waktu ke waktu agar bisa membangun hubungan dengan konsumen yang lebih baik lagi.


Keywords


customer relation management; manajemen keluhan pelanggan; pengabdian masyarakat; usaha bakso

Full Text:

PDF

References


Setyagustina, K, Joni, M, Suhitasari, W. D., et al., 2023, Pasar Modal Syariah. Bandung, Widina Bhakti Persada Bandung, Bandung

Ismail, M, Kautsar, R, Sembada P., et al., 2016, Kualitas Fisik dan Mikrobiologis Bakso Daging Sapi Pada Penyimpanan Suhu yang Berbeda, J. Ilmu Produksi dan Teknologi. Hasil Peternakan., vol. 4, no. 3, pp. 372374

Tauriana, D, dan Andhika, 2010, Bauran Pemasaran, Manajemen Hubungan Pelanggan Dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen, J. The Winners, vol. 11, no. 1, pp. 34-42

Ayu, F. R. P. dan Srihandoko, W, 2021, Peranan Customer Servis Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Sekolah Islam Ibnu Hajar, J. Aplikasil Bisnis Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 31-40.

Taliupan, R, 2022, Pengaruh Penanganan Keluhan (Complain Handling) terhadap Kepercayaan Pelangan pada Minimarket Indomaret di Kota Bitung (Studi Kasus Indomaret Winenet), J. Education, vol. 04, no. 04, pp. 19401949

Panjaitan, R, Efendi, E. A, Djatmiko, F. P dan Ramjani, M. R, 2024, Penyuluhan Pembuatan Sabun Padat Minyak Atsiri Serai di Desa Giripurno Kota Batu, J. Abdimas PHB, vol. 7, no. 1, pp. 8289.

Missah, C. L, 2014, Komunikasi Antar Pribadi Pada Orang Tua Lanjut Usia Di Panti Rumah Doa Kanaan, J. Acta Diurna., vol. III, no. 2, pp. 1-10.

Abdullah, M. R, 2002, Komunikasi Bisnis, Al-Ttajdid, vol. 11, no. 1, pp. 1822

Rosanti, Y, Irawan, dan Putra, M. D. T, 2021, Tantangan dan Strategi Customer Relationship Marketing dengan Prinsip Cleanliness, Health, and Safety (CHS) dalam Upaya Pemulihan Ekonomi di Kawasan Wisata Samosir, Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, vol. 1177, pp. 112

Saputro, E. A, Putra, A. Y. T, Pratama, A, dan Nurmawati, A, 2023, Pelatihan Strategi Membangun Brand untuk Bisnis F & B dengan Dekaka Shop, J. Ilmiah Populer, vol. 6, no. 1, pp. 6772




DOI: https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ardika Nurmawati, Erwan Adi Saputro, Andre Yusuf Trisna Putra, Wiliandi Saputro



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :