PELATIHAN DAN PEMANFAATAN LITERASI INFORMASI E-WAKAF UNTUK PENGELOLAAN ADMINISTRASI WAKAF SEBAGAI DUKUNGAN LAYANAN PRIMA PEJABAT PEMBUAT AKTA IKRAR WAKAF

Amiq Fahmi, Edi Sugiarto

Abstract


Tertib hukum dan tertib administrasi sangatlah penting untuk melindungi harta benda wakaf. Paradigma baru pengelolaan wakaf, dimana aspek legalitas formal menjadi unsur penting dalam pengamanan harta benda wakaf. Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) adalah pejabat berwenang untuk membuat Akta Ikrar Wakaf. PPAIW merupakan salah satu unsur penting dari wakaf, dan melekat sebuah peran, tugas dan wewenang dalam melayani, menyelesaikan, dan mengamankan harta benda wakaf, baik secara administratif atau lainnya. Namun demikian, PPAIW sampai dengan saat ini dinilai belum menunjukkan performa yang ideal dan tidak memiliki kemampuan profesional dalam mencatat dan mengelola administrasi harta benda wakaf di lingkungan kerjanya. E-Wakaf adalah sistem berbasis komputer yang dikembangkan untuk pengelolaan dan pencatatan data administratif harta benda wakaf. Tujuan dari program kemitraan masyarakat pelatihan dan pemanfaatan literasi komputer dan informasi E-Wakaf adalah untuk mendukung layanan prima PPAIW dalam mengelola data administrasif harta benda wakaf di lingkungan kerjanya. Metode pelatihan dan praktikum komputer di laboratorium dipilih dalam transfer skill dan pengetahuan pengelolaan wakaf menggunakan aplikasi E-Wakaf. Hasil akhir pelatihan dan pemanfaatan literasi informasi E-Wakaf adalah PPAIW memiliki data aset wakaf yang akurat dan kredibel, dan PPAIW dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat.


Keywords


E-wakaf, literasi komputer dan informasi, pelatihan, pelayanan prima, PPAIW.

Full Text:

PDF

References


Cambridge English Dictionary, 2018. computer-literacy Meaning in the Cambridge English Dictionary. Camb. Univ. Press.

Departemen Agama Republik Indonesia, 2008. Panduan pemberdayaan tanah wakaf produktif strategis di Indonesia. Direktorat Pemberdayaan Wakaf, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Departemen Agma RI, Jakarta.

Fahmi, A., Sugiarto, E., 2017. Sistem Informasi Geografis E-wakaf sebagai Model Pendukung Keputusan Pemberdayaan Wakaf Produktif. IKRAITH-Inform. 1, 87–93.

Fahmi, A., Sugiarto, E., 2016. Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Dan Monitoring Persebaran Aset Wakaf. Techno.Com 15, 327–334.

Fahmi, A., Sugiarto, E., 2015. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Manajemen Aset Wakaf. Pros. SNATIF 357–364.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Direktorat Pemberdayaan Wakaf, 2013. Standar Pelayanan Wakaf Bagi Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW). Kementerian Agama Republik Indonesia.

Lasa H.S., 2009. Kamus kepustakawanan Indonesia, Cet. 1. ed. Pustaka Book Publisher, Yogyakarta.

Masboedi, 2009. Literasi Komputer. My Buddy.

Naibaho, K., 2007. Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan [WWW Document]. Visi Pustaka. URL http://eprints.rclis.org/12549/ (accessed 5.26.18).

Pattah, S.H., 2014. Literasi informasi: peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Khizanah Al-Hikmah J. Ilmu Perpust. Inf. Dan Kearsipan 2, 108–119.

Priyono, S.B., Rahayu, S., 2003. Aplikasi Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Untuk Perencanaan Pengembangan Tambak Biocrete. J. Perikan. Univ. Gadjah Mada 5, 32–38.

Raymond McLeod, George Schell, 2006. Management Information Systems (10th Edition). Prentice-Hall, Inc. Upper Saddle River, NJ, USA.

Republik Indonesia, 2004. Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf.

Sharda, R., Delen, D., Turban, E., Aronson, J., Liang, T.P., 2014. Businesss Intelligence and Analytics: Systems for Decision Support. Prentice Hall London.

Sistem Manajemen Aset Wakaf [WWW Document], n.d. URL http://e-wakaf.info/halaman_depan.php (accessed 5.27.18).

Utami Wisnu Wardhani, 2017. Literasi Informasi di Era Digital - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prov. Kep. Bangka Belitung. Artik. Perpust.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Amiq Fahmi



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :