Penerapan Aplikasi Pendataan Umat Pada Gereja Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Makassar

Astrid Lestari Tungadi, Erick Alfons Lisangan, Shereen Beatrix Adhiwidjaja

Abstract


Penerapan teknologi informasi telah banyak digunakan pada organisasi, salah satunya adalah pada Gereja. Kegiatan tahunan yang rutin dilakukan adalah pendataan data umat yang dilakukan dengan membagikan formulir data ke setiap umat Gereja. Untuk meningkatkan pelayanan serta membantu pengambilan data yang cepat maka dibutuhkan adanya penerapan teknologi informasi dalam bentuk aplikasi pendataan umat dengan memanfaatkan media internet. Metode penerapan aplikasi dilakukan dalam bentuk uji coba sampling serta pelatihan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek langsung terhadap penggunaan aplikasi pendataan umat. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa aplikasi yang diterapkan membantu proses pendataan dengan lebih baik dan cepat serta memberikan dampak positif dimana peserta merasa aplikasi mudah untuk digunakan serta dapat diakses kapan pun.


Keywords


website; aplikasi pendataan umat; Paroki Mamajang

Full Text:

PDF

References


Prabowo, W. A., dan Saintika, Y., 2018, Perancangan IT Balanced Scorecard dalam Penyusunan Strategy Maps Perguruan Tinggi (Studi kasus: Institut Teknologi Telkom Purwokerto), Jurnal Riset Sains dan Teknologi, Vol. 2, No. 1, hal 27-36.

Andryanto, A.C., Tambotoh, J., dan Tampake, H.S., 2013, Implementasi Aplikasi Enterprise Resource Planning Adempiere untuk Mendukung Sistem Administrasi Gereja (Studi Kasus: Gereja Pantekosta di Indonesia Siloam Salatiga), Tesis Universitas Kristen Satya Wacana.

Tungadi, A. L., dan Elisabeth., 2018, Desain Sistem Enterprise Resource Planning untuk Peningkatan Efektifitas Layanan Umat Gereja. Jurnal Riset Sains dan Teknologi, Vol. 2, No. 2, hal 77-86.

Tungadi, A. L., dan Elisabeth, 2019, The Analysis and the Application of Enterprise Resource Planning in Church Organizations, Journal of Engineering and Applied Sciences, Vol. 14, No. 17, hal 6364-6370.

Prasetiadi, A. E., 2011. Web 3.0: Teknologi Web Masa Depan. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, Vol. 1, No. 3, hal 1-6.




DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Astrid Lestari Tungadi, Erick Alfons Lisangan, Shereen Beatrix Adhiwidjaja



Jurnal ABDIMASKU (p-ISSN : 2615-3696e-ISSN : 2620-3235) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

ABDIMASKU terindeks di :